Kompas.com - 24/04/2022, 08:03 WIB
Ilustrasi kereta panorama Glacier Express di Swiss. Dok. Rhaetian RailwayIlustrasi kereta panorama Glacier Express di Swiss.

KOMPAS.com - Kereta panorama atau panoramic train merupakan salah satu daya tarik wisata di Swiss, khususnya bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam negara tersebut sembari bertualang ke sejumlah wilayah. 

Hal ini lantaran kereta tersebut melewati beberapa stasiun, pegunungan, sungai, danau, terowongan, bahkan jalur bersejarah yang masuk Warisan Dunia UNESCO. 

Adapun kereta panorama merupakan bagian dari perusahaan kereta api Rhaetian Railway Inc. 

Secara garis besar, terdapat dua jenis kereta panorama yang bisa dipilih, yakni Bernina Express dan Glacier Express. Keduanya memiliki durasi dan jalur yang berbeda, kecuali dari Chur ke St. Moritz.

Baca juga:

Jika wisatawan ingin naik kereta panorama, mereka bisa menggunakan Swiss Travel Pass

Dilansir dari Kompas.com, Sabtu (12/3/2022), Swiss Travel Pass adalah tiket terusan khusus wisatawan yang bisa digunakan untuk naik kereta, bus, dan kapal laut tanpa harus membayar lagi.

"Di Swiss, kami punya Swiss Travel Pass, jadi satu tiket yang bisa digunakan untuk semua kereta. Kereta kami sudah termasuk di dalamnya, jadi kalau Anda punya Swiss Travel Pass, pada dasarnya (tiket naik kereta panorama) gratis," kata Market Manager Asia-Pacific Rhaetian Railway Inc., Sebastian Blaettler, kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2022).

Baca juga: Swiss, Impian Pencinta Kereta Api, dan Bonus-bonusnya 

Ilustrasi kereta panorama Bernina Express di Swiss.Dok. Rhaetian Railway Ilustrasi kereta panorama Bernina Express di Swiss.

Blaettler menambahkan, sesungguhnya naik kereta panorama selalu nyaman, namun satu-satunya kesalahan yang kerap calon penumpang lakukan adalah tidak memesan kursi jauh-jauh hari. 

Ia kemudian memberi contoh kereta di Italia yang membutuhkan reservasi, berbeda dengan di Swiss. 

Baca juga:

"Tapi, untuk kereta panorama - Glacier Express, Bernina Express - keduanya memerlukan pemesanan kursi terlebih dahulu," tuturnya. 

Lantas, kapan sebaiknya calon penumpang kereta panorama melalukan pemesanan?

Blaettler mengatakan bahwa waktu pemesanan tergantung kebutuhan calon penumpang, namun sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. 

Adapun pemesanan bisa dilakukan melalui situs web resmi perusahaan kereta api tersebut, maupun lewat agen perjalanan. 

Baca juga: Naik Kereta Panorama Bernina Express di Swiss, Jalurnya Diakui UNESCO

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.