Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Pengendara Motor Wajib Istirahat Saat Mudik? Ini Jawabannya

Kompas.com - 24/04/2022, 19:06 WIB
Desi Intan Sari,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, banyak pemudik yang memilih bepergian dengan mengendarai sepeda motor. 

Meski melakukan perjalanan panjang dengan sepeda motor yang terkesan kurang nyaman dan cukup melelahkan, masih banyak masyarakat Indonesia yang memilih moda transportasi tersebut. 

Padahal, sebelumnya Jur Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Aditia Irawati menyarankan masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, seperti dikutip dari Kompas.com, (18/4/2022). 

"Kita memastikan pemudik yang menggunakan roda dua dikurangi. Kalau bisa jangan (mudik dengan kendaraan roda dua) karena aspek keselamatannya sangat berisiko, belum lagi cuaca ya," kata dia dalam diskusi bertajuk "Mudik Aman, Mudik Sehat" secara virtual, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Mudik Naik Motor Dinilai Berisiko, Ini Alasannya

Jika memang ada masyarakat Indonesia yang mudik dengan memakai sepeda motor, sama seperti saat naik mobil, pengendara motor juga wajib sekali beristirahat secara berkala selama di perjalanan.

Kapan pengendara motor beristirahat

Menurut Pakar Safety Riding, Agus Sani, pengemudi sepeda motor bisa beristirahat setelah melakukan perjalanan 2 sampai 2,5 jam. 

“Istirahat tersebut harus dilakukan agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit dan prima,” jelas Agus Sani kepada Kompas.com, Minggu (24/4/2022).

Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)Otomania/Setyo Adi Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)

“Jangan paksakan tubuh terus berkendara ketika mulai kelelahan. Atur waktu perjalanan dgn baik agar selalu aman saat di jalan,” tambahnya.

Risiko yang ditimbulkan jika memaksakan diri saat lelah untuk tetap mengendarai motor, bisa berakibat fatal. 

Ketika konsentrasi tidak baik, bisa saja terjadi kecelakaan sewaktu-waktu di jalan yang bisa merugikan pengemudi sekaligus pengendara lain di dekatnya. 

Baca juga: 8 Tips Mudik Naik Motor agar Aman sampai Tujuan

Lebih lanjut, Agus Sani juga menambahkan bahwa selama melakukan perjalanan dengan sepeda motor, wajib juga untuk mengenali rute. 

“Pengendara harus merencanakan dan memperhatikan perjalanan sampai ke tujuan, artinya kita sudah harus paham betul rute yang akan kita lalui dan daerah-daerahnya,” jelas Agus Sani. 

Dengan mengetahui rute selama perjalanan, pengendara jadi mengetahui titik-titik tempat istirahat yang bisa disinggahi saat badan mulai terasa lelah dan rasa kantuk datang. 

Baca juga: Tips Naik Motor Hemat Bahan Bakar, Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Kini informasi seputar rute yang akan dilewati di perjalanan juga mudah didapatkan di internet. Jadi, tentunya akan sangat memudahkan pemudik untuk pulang kampung dengan lancar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com