Kompas.com - 24/04/2022, 19:06 WIB
Ilustrasi mudik naik motor KOMPAS IMAGES / RODERICK ADRIAN MOZESIlustrasi mudik naik motor

KOMPAS.com – Mendekati Hari Raya Idul Fitri, banyak pemudik yang memilih bepergian dengan mengendarai sepeda motor. 

Meski melakukan perjalanan panjang dengan sepeda motor yang terkesan kurang nyaman dan cukup melelahkan, masih banyak masyarakat Indonesia yang memilih moda transportasi tersebut. 

Padahal, sebelumnya Jur Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Aditia Irawati menyarankan masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, seperti dikutip dari Kompas.com, (18/4/2022). 

"Kita memastikan pemudik yang menggunakan roda dua dikurangi. Kalau bisa jangan (mudik dengan kendaraan roda dua) karena aspek keselamatannya sangat berisiko, belum lagi cuaca ya," kata dia dalam diskusi bertajuk "Mudik Aman, Mudik Sehat" secara virtual, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Mudik Naik Motor Dinilai Berisiko, Ini Alasannya

Jika memang ada masyarakat Indonesia yang mudik dengan memakai sepeda motor, sama seperti saat naik mobil, pengendara motor juga wajib sekali beristirahat secara berkala selama di perjalanan.

Kapan pengendara motor beristirahat

Menurut Pakar Safety Riding, Agus Sani, pengemudi sepeda motor bisa beristirahat setelah melakukan perjalanan 2 sampai 2,5 jam. 

“Istirahat tersebut harus dilakukan agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit dan prima,” jelas Agus Sani kepada Kompas.com, Minggu (24/4/2022).

Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)Otomania/Setyo Adi Pemudik motor mulai padati jalur Kalimalang menuju Bekasi, Kamis (22/6/2017)

“Jangan paksakan tubuh terus berkendara ketika mulai kelelahan. Atur waktu perjalanan dgn baik agar selalu aman saat di jalan,” tambahnya.

Risiko yang ditimbulkan jika memaksakan diri saat lelah untuk tetap mengendarai motor, bisa berakibat fatal. 

Ketika konsentrasi tidak baik, bisa saja terjadi kecelakaan sewaktu-waktu di jalan yang bisa merugikan pengemudi sekaligus pengendara lain di dekatnya. 

Baca juga: 8 Tips Mudik Naik Motor agar Aman sampai Tujuan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.