Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Persiapan Saat Hendak Berkendara Jakarta-Semarang Naik Mobil via Tol

Kompas.com - 25/04/2022, 10:10 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perjalanan Tim Merapah Trans-Jawa 2022 menyusuri ruas tol ke Kota Semarang dimulai Minggu (24/04/2022).

Berangkat dari Ibu Kota pagi hari dan menghabiskan waktu kurang lebih tujuh jam akhirnya tim tiba di Kota Lumpia sekitar pukul 17.30 WIB.

Baca juga: Jangan Lakukan Hal Ini di Jalan Tol, Bisa Kena Denda

Merangkum perjalanan Merapah Trans-Jawa 2022, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat kamu hendak berkendara dari Jakarta menuju Semarang, yakni:

1. Total bensin Jakarta ke Semarang

Menggunakan Suzuki XL 7 dengan kapasitas tangki 45 liter, Tim Merapah Trans-Jawa 2022 mengisi sekitar 37 liter Pertamax di SPBU Jakarta, dengan total biaya Rp 465.000.

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu mengikuti tarif bahan bakar yang digunakan per liternya. Bahan bakar yang diisi dari Jakarta pun masih tersisa sesampainya di Kota Semarang.

2. Tarif tol Jakarta ke Semarang

Sebelum melintas di ruas jalan Tol Cipali, saldo uang elektronik pengendara harus mencukupi. Sebab satu kartu uang elektronik hanya bisa digunakan untuk satu kendaraan saja.

Adapun rute Jakarta-Semarang yang dilalui oleh tim Merapah Trans-Jawa 2022, yakni Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Paliman-Kanci, Tol Kanci-Pejagan, Tol Pejagan-Pemalang, Tol Pemalang-Batang, dan Tol Batang-Semarang (Gerbang Tol (GT) Kalikangkung).

Gerbang Tol PalimananPT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) Gerbang Tol Palimanan

Namun, tarif kumulatif yang dikenakan kepada pengguna jalan dari GT Cikampek Utama-GT Kalikangkung adalah sebesar Rp 357.500.

Itu karena sedang ada aturan baru terkait peniadaan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama, Cirebon oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama ASTRA.

Baca juga: Tarif Tol Trans-Jawa Terbaru 2022, Usai Kenaikan Tarif Tol Cipali 

Sehingga total uang elektronik (e-Toll) yang dihabiskan dalam perjalanan Jakarta-Semarang, adalah sebesar Rp 388.000 dengan rincian Rp 10.500 di gerbang Tol dalam kota, Rp 20.000 di gerbang Tol Cikampek Utama, dan Rp 357.500 untuk Tol Palimanan-exit tol Kalikangkung.

3. Rest area di Tol Jakarta-Semarang

Selama perjalanan, Tim Merapah Trans-Jawa 2022 singgah di tiga rest area, yakni rest area kilometer 86B, rest area kilometer 166A, dan rest area 207A.

Sejauh pantauan Kompas.com, seluruh rest area ini telah memiliki fasilitas yang mumpuni bagi pemudik, khususnya dari sisi kebersihan toilet.

Rest area KM 86B Tol CipaliKOMPAS.com/WASTI SAMARIA SIMANGUNSONG Rest area KM 86B Tol Cipali

Bagi pemudik yang tidak berpuasa, tersedia beragam masakan Nusantara hingga gerai makanan cepat saji yang buka selama 24 jam.

Apabila kendaraan mogok atau kehabisan bensin di tengah jalan, pengendara bisa menghubungi call center di 135 untuk segera mendapat bantuan dari angkutan derek layanan Pertamina Siaga.

Baca juga: Tips Istirahat di Rest Area Saat Mudik, Jangan Tidur di Mobil

"Kalau kendaraan mogok atau kehabisan bensin, tinggal hubungi call center di 135 saja, nanti kita datang, bawain bensin, tinggal bayar sesuai bensin yang dipesan," kata salah satu pegawai Pertamina yang berjaga Minggu (24/4/2022) bernama Yono.

4. Sedia uang tunai

Selain untuk biaya parkir, uang tunai juga diperlukan saat membayar makanan di rest area. Pemudik bisa menyiapkan uang tunai  berupa pecahan Rp 2.000 untuk parkir atau pecahan lainnya saat berbelanja keperluan mudik di jalan.

Untuk fasilitas toilet, ketiga rest area yang Kompas.com kunjungi tidak mengenakan sepeser rupiah pun.

Baca juga: Istirahat di Rest Area KM 260B, Ada Bangunan Klasik Bekas Pabrik Gula

Jadi, pemudik hanya perlu menyiapkan uang tunai menyesuaikan perkiraan pribadi selama di jalan.

Tim Merapah Trans-Jawa 2022 Kompas.com melakukan perjalanan selama tujuh hari menyusuri Jalan Tol Trans-Jawa, didukung oleh Suzuki XL 7 dan Bodrex Extra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com