Kompas.com - 25/04/2022, 21:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memprediksi akan ada sedikitnya 48 juta dari total hampir 80 juta pemudik yang akan berwisata di destinasi-destinasi wisata saat libur lebaran 2022.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan jalur lintas selatan Jawa sebagai destinasi wisata potensial selama musim mudik dan lebaran tahun ini.

"Jalur lintas selatan ini dimulai dari Jakarta, menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), hingga Jawa Timur," papar Sandiaga saat Weekly Press Briefing virtual, Senin (25/4/2022).

Baca juga:

Lebih lanjut, ia menambahkan, detail travel plan (rencana perjalanan) yang telah disiapkan oleh Kemenparekraf meliputi sejumlah daerah lainnya di Jawa.

Di antaranya Banten, kemudian lebih spesifik adalah daerah Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, hingga Purworejo.

"Lanjut ke Yogyakarta, dan beberapa kabupaten seperti Pacitan, Blitar, sampai ke Malang. Lalu akhirnya bisa mencapai Lumajang, Jember, dan Banyuwangi," tambahnya.

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga menjelaskan, pihaknya secara khusus menyiapkan beberapa destinasi wisata, seperti berbagai desa wisata.

"Mulai dari Desa Wisata Selasari di Pangandaran, Desa Wisata Pujon Kidul di Malang, sampai Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi," kata Sandiaga.

Baca juga: Halalbihalal Tahun Ini Tanpa Makan dan Minum, Sandiaga Uno Usulkan Ini

Libur lebaran 2022 momen kebangkitan ekonomi

Kawasan wisata Pantai Serang di pesisir selatan Kabupaten Blitar menerima puncak kunjungan wisatawan pada hari terakhir libur lebaran, Minggu (23/5/2021)KOMPAS.COM/ASIP HASANI Kawasan wisata Pantai Serang di pesisir selatan Kabupaten Blitar menerima puncak kunjungan wisatawan pada hari terakhir libur lebaran, Minggu (23/5/2021)

Menparekraf juga memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur Lebaran taun 2022 mencapai sekitar Rp 72 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.