Kompas.com - 26/04/2022, 04:06 WIB

KOMPAS.com - Keputusan pemerintah memperbolehkan mudik Lebaran 2022 menjadi kabar menggembirakan bagi masyarakat Indonesia.

Bahkan, sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya (19/04/2022), pemerintah telah memprediksi sebanyak 40 juta pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik Lebaran 2022.

Baca juga: 40 Juta Orang Diprediksi Naik Kendaraan Pribadi Saat Mudik 2022

Salah satu rute mudik lebaran 2022 yang paling banyak diakses oleh pengendara adalah melalui ruas Tol Trans Jawa, yang mempermudah aksesibilitas kendaraan roda empat untuk mengunjungi sejumlah kota di Pulau Jawa, salah satunya Semarang.

Dengan jarak tempuh sekitar 446 kilometer, masyarakat memerlukan waktu sekitar 6-7 jam untuk tiba di Semarang jika berangkat dari Jakarta.

Jika kamu berencana melakukan perjalanan mudik lebaran melalui jalur ini, berikut tarif tol Jakarta-Semarang yang perlu disiapkan.

Siapkan uang elektronik

Cara cek saldo e-Money Mandiri atau e-toll Mandiri dengan mudah, praktis, dan cepat di HP dan ATMANTARA FOTO/M Agung Rajasa Cara cek saldo e-Money Mandiri atau e-toll Mandiri dengan mudah, praktis, dan cepat di HP dan ATM

Sebagai informasi, sebelum melintas di seluruh ruas Tol Trans Jawa, pastikan saldo uang elektronik cukup. Sebab, satu kartu uang elektronik hanya bisa digunakan untuk satu kendaraan saja.

Tarif yang perlu disiapkan bagi pengguna jalan dari GT Cikampek Utama-GT Kalikangkung adalah sebesar Rp 357.500

Tarif ini menyesuaikan aturan baru terkait peniadaan transaksi kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama, Cirebon oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama ASTRA.

Baca juga:

Sehingga, total uang elektronik (e-Toll) yang dihabiskan dalam perjalanan Jakarta-Semarang adalah sebesar Rp 388.000, dengan rincian Rp 10.500 di gerbang Tol dalam kota, Rp 20.000 di gerbang Tol Cikampek Utama, dan Rp 357.500 untuk Tol Palimanan-exit tol Kalikangkung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.