Kompas.com - 26/04/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Pengelola jalan tol telah menyediakan fasilitas rest area yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat. Jadi, pemudik diimbau tidak beristirahat di bahu jalan. 

Selain sebagai tempat beristirahat, rest area juga dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari pom bensin, tempat ibadah, toilet, minimarket, hingga tempat kuliner.

Tak sekadar untuk beristirahat, beberapa rest area juga menawarkan pengalaman berwisata kepada pengendara karena memiliki pemandangan indah dan bentuk bangunan unik.  

Daftar rest area instagramable 

Berikut ini adalah 8 rest area yang instagramable. Pengendara bisa beristirahat sembari berwisata:

1. Rest area Km 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Rest area 260B berada di ruas tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes. Rest area ini juga dikenal dengan nama rest area 260B Heritage-Banjaratma. 

Bangunan di rest area ini merupakan bekas pabrik gula Banjaratma yang didirikan oleh perusahaan Belanda, seperti dikutip dari Kompas.com (10/2/2022). Tak heran, bangunannya pun bertema kolonial. 

Area eks tungku di Rest Area KM 260B Heritage-BanjaratmaDok. PT PP Sinergi Banjaratma Area eks tungku di Rest Area KM 260B Heritage-Banjaratma

Beberapa spot foto populer, antara lain tungku bekas pabrik gula, mesin gilas pabrik gula, permainan perosotan, masjid, hingga ilalang. Pengunjung yang mengabadikan momen tidak dikenai biaya alias gratis. 

Selain spot foto, rest area ini memiliki wahana permainan seluncuran atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat. Warna pelangi pada perosotan ini pastinya akan menarik bagi anak-anak.

Baca juga: Mewahnya Rest Area Km 456 Salatiga, Seperti Mal di Antara 5 Gunung

Ada pula sekitar 110 tenant UMKM yang menjual berbagai masakan dan oleh-oleh. Rest area memiliki luas lahan mencapai 10,6 hektare. 

2. Rest area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek

Rest area yang sudah beroperasi sejak 2005 ini memiliki desain modern, berdasarkan informasi dari Kompas.com (25/4/2022).

Bahkan, kanopi di area SPBU dalam rest area pernah meraih penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) sebagai kanopi terunik se-Indonesia. 

Rest Area KM19 di ruas Tol Jakarta-Cikampek berada di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR Rest Area KM19 di ruas Tol Jakarta-Cikampek berada di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Tak heran jika pengendara yang mampir di rest area Km 19 tol Jakarta-Cikampek kerap menjadikannya untuk latar foto. 

Terdapat fasilitas lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, gerai ATM, toilet eksekutif, masjid, dan bengkel. 

Baru-baru ini, rest area Km 19 Tol Jakarta Cikampek membangun hotel yang merupakan hotel pertama di ruas Tol Trans-Jawa.

Baca juga: 5 Kegiatan Wisata di Rest Area KM 260B Brebes, Bisa Foto Instagramable

Baca juga: Sate Kempleng hingga Tahu Bakso, Kuliner Khas di Rest Area Semarang

Hotel bintang 3 itu menyediakan 12 kamar tidur dan dua meeting room yang bisa disewa para pengunjung. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.