Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Rest Area Instagramable, Ada Bekas Pabrik Gula dan Panorama 5 Gunung

Kompas.com - Diperbarui 27/10/2022, 13:04 WIB
Ulfa Arieza ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengelola jalan tol telah menyediakan fasilitas rest area yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang menggunakan tol untuk mencapai destinasi yang dituju. Jadi, lebih baik memilih mampir rest area dan tidak beristirahat di bahu jalan. 

Selain sebagai tempat beristirahat, rest area juga dilengkapi berbagai fasilitas mulai dari pom bensin, tempat ibadah, toilet, minimarket, hingga tempat kuliner.

Baca juga: Mewahnya Rest Area Km 456 Salatiga, Seperti Mal di Antara 5 Gunung

Tak sekadar untuk beristirahat, beberapa rest area juga menawarkan pengalaman berwisata kepada pengendara karena memiliki pemandangan indah dan bentuk bangunan unik.  

Daftar rest area instagramable 

Berikut ini adalah delapan rest area yang instagramable. Pengendara bisa beristirahat sembari berwisata:

1. Rest area Km 260B, Tol Pejagan-Pemalang

Rest area 260B berada di ruas tol Pejagan-Pemalang, Kabupaten Brebes. Rest area ini juga dikenal dengan nama rest area 260B Heritage-Banjaratma. 

Bangunan di rest area ini merupakan bekas pabrik gula Banjaratma yang didirikan oleh perusahaan Belanda, seperti dikutip dari Kompas.com (10/2/2022). Tak heran, bangunannya pun bertema kolonial. 

Area eks tungku di Rest Area KM 260B Heritage-BanjaratmaDok. PT PP Sinergi Banjaratma Area eks tungku di Rest Area KM 260B Heritage-Banjaratma

Beberapa spot foto populer, antara lain tungku bekas pabrik gula, mesin gilas pabrik gula, permainan perosotan, masjid, hingga ilalang. Pengunjung yang mengabadikan momen tidak dikenai biaya alias gratis. 

Selain spot foto, rest area ini memiliki wahana permainan seluncuran atau perosotan panjang bernama Srodotan Donat. Warna pelangi pada perosotan ini pastinya akan menarik bagi anak-anak.

Baca juga: 7 Tips Aman Berkendara di Jalan Tol agar Tidak Kecelakaan

Ada pula sekitar 110 tenant UMKM yang menjual berbagai masakan dan oleh-oleh. Rest area memiliki luas lahan mencapai 10,6 hektar.

2. Rest area Km 19, Tol Jakarta-Cikampek

Rest area yang sudah beroperasi sejak 2005 ini memiliki desain modern, berdasarkan informasi dari Kompas.com (25/4/2022).

Bahkan, kanopi di area SPBU dalam rest area pernah meraih penghargaan Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) sebagai kanopi terunik se-Indonesia. 

Rest Area KM19 di ruas Tol Jakarta-Cikampek berada di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR Rest Area KM19 di ruas Tol Jakarta-Cikampek berada di Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Tak heran jika pengendara yang mampir di rest area Km 19 tol Jakarta-Cikampek kerap menjadikannya untuk latar foto. 

Terdapat fasilitas lengkap mulai dari SPBU, restoran, kafe, minimarket, gerai ATM, toilet eksekutif, masjid, dan bengkel. 

Baru-baru ini, rest area Km 19 Tol Jakarta Cikampek membangun hotel yang merupakan hotel pertama di ruas Tol Trans-Jawa.

Baca juga: 5 Kegiatan Wisata di Rest Area KM 260B Brebes, Bisa Foto Instagramable

Hotel bintang 3 itu menyediakan 12 kamar tidur dan dua meeting room yang bisa disewa para pengunjung. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com