Kompas.com - 26/04/2022, 18:04 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak satu juta wisatawan diprediksi akan mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selama libur Lebaran 2022. Perputaran uang dari sektor pariwisata saat liburan nanti diperkirakan bisa mencapai Rp 1 triliun.

"Hitung-hitungan kami liburan Lebaran tidak hanya 10 hari, bisa jadi sampai 20 hari," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suparmono, dalam jumpa pers, Selasa (26/04/2022).

Baca juga:

Suparmono menyampaikan, pihaknya telah melakukan analisis guna memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan selama libur lebaran. Perkiraan tersebut berdasarkan analisis jumlah kunjungan selama libur Natal dan tahun baru lalu.

"Kami mendasarkan pada hitungan libur Natal dan tahun baru kemarin dan awal-awal Januari. Berdasarkan angka-angka itu, kami menghitungnya kira-kira nanti ada 1 juta kunjungan wisatawan ke Sleman," tuturnya.

Ratu Boko di Kabupaten Sleman.SHUTTERSTOCK / Catatan NDL Ratu Boko di Kabupaten Sleman.

Libur lebaran ini, lanjut Suparmono, merupakan anugerah bagi sektor pariwisata karena roda perekonomian di sektor ini akan kembali bergeliat.

"Atas dasar angka-angka yang awal tahun itu mereka belanja rata-rata Rp 750.000 sampai Rp 1 juta per hari, lama tinggal di Sleman 1,2 sampai 1,5 hari, perputaran uang di sektor pariwisata saat liburan nanti bisa mencapai Rp 1 triliun," katanya.

Baca juga: Kunjungan Wisata ke Sleman Naik Saat Libur Natal, Didominasi Keluarga

Menurutnya, saat ini sudah terlihat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Diprediksi puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada H+1 atau H+2.

"Kemarin angka-angka kami (destinasi wisata) yang di-outdoor (luar ruangan) lebih banyak kunjungan, hampir separuh lebih ada Kaliurang, Kaliadem, Breksi, kemudian candi ya. Sisanya desa wisata dan lain sebagainya," ungkapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.