Kompas.com - 26/04/2022, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Minat wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke Indonesia dinilai meningkat cukup tinggi, khususnya sejak dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan dan karantina pada Maret 2022.

Dihapusnya pembatasan perjalanan ini terjadi karena situasi pandemi Covid-19 yang dinilai semakin terkendali, serta tingkat vaksinasi yang tinggi di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Oleh karena itu, banyak negara yang berupaya memulihkan sektor pariwisata mereka yang sebelumnya sempat terpuruk selama dua tahun.

Menurut analisis penelusuran Google terkait perjalanan wisata, sejak dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan pada Maret lalu, minat wisman datang ke Indonesia naik hingga 94 persen dibandingkan saat sebelum pandemi.

Baca juga:

Hal ini disampaikan oleh Asia Pacific Travel Lead for Google, Hermione Joye, pada diskusi Southeast Asia Travel Roundtable secara virtual, Selasa (26/4/2022).

Angka 94 persen tersebut, menurutnyam sangatlah tinggi, apabila dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021.

Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.PIXABAY/PEGGY_MARCO Ilustrasi wisatawan yang datang ke destinasi wisata di Bali.

Dari data yang sama, ditemukan bahwa pandemi Covid-19 menghantam industri pariwisata di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Bahkan, kunjungan wisman diketahui menurun hingga 82 persen pada 2020 dan 98 persen pada 2021.

Lebih lanjut, menurut Hermione, secara keseluruhan, permintaan untuk berwisata baru mulai membaik pada kuartal keempat tahun 2021. Kemudian, angka ini melesat naik pada kuartal pertama tahun 2022.

Selain minat kunjungan wisman ke Indonesia yang naik 94 persen, negara di Asia Tenggara lainnya yang mencatat kenaikan tinggi adalah Filipina dengan angka 118 persen.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.