Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2022, Pemesanan Kamar Hotel di Kota Batu Naik 30 Persen

Kompas.com - 26/04/2022, 20:04 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Momen mudik Lebaran menjadi momen bagi pengelola hotel dan restoran untuk mendapatkan pengunjung.

Seperti di Kota Batu, Jawa Timur, reservasi hotel mengalami peningkatan dengan rata-rata mencapai 30 persen dari total kamar yang ada.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kota Batu, Sujud Hariadi.

"Untuk H+1, 2 dan 3 ada peningkatan untuk reservasi, bahkan beberapa hotel sudah sampai mencapai 70 persen reservasi, tapi rata-rata masih 20 sampai 30 persen," kata Sujud saat dihubungi via telepon pada Selasa (26/4/2022).

Baca juga:

Meski begitu, saat ini atau H-6 Lebaran, tingkat okupansi atau tingkat keterisian kamar hotel di Kota Batu rata-rata masih rendah. Namun, dia optimistis bahwa dalam waktu tiga hari ke depan akan ada peningkatan secara perlahan.

"Untuk hari ini masih belum, harian masih rendah paling rata-rata 10 persen kan belum semua libur, tapi Insya Allah kami optimis dua, tiga hari ke depan mulai ada peningkatan," katanya.

Lebih lanjut soal harga, menurutnya pengelola hotel tidak bisa berbuat banyak untuk menaikkan tarif. Sujud menilai, hal itu dikarenakan daya beli masyarakat yang masih rendah.

Taman Rekreasi Selecta, Batu, Jawa Timur.DOK. selectawisata.id Taman Rekreasi Selecta, Batu, Jawa Timur.

"Kita tidak bisa berbuat banyak untuk meng-up (menaikkan) harga, jadi harganya lebih sedikit tinggi dari normal, paling naik 25 persen, seperti Hotel Selecta normalnya Rp 500.000 per malam, kalau low season hanya Rp 375.000, tapi ketika peak season paling hanya Rp 800.000, kalau enggak kuat dibalikin harga normal," ungkapnya.

Sementara itu, kondisi restoran tidak jauh berbeda. Menurutnya, dengan kenaikan harga elpiji, minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya cukup terpengaruh.

Baca juga:

Para pengelola restoran di Kota Batu belum berani untuk menaikkan harga menu makanan dan minuman.

"Kita ngalah di margin keuntungan, paling enggak banyak jadi 20 sampai 30 persen dari sebelumnya 40 persen, kita masih menghitung kalau mau menaikkan harga," katanya.

Perlu diketahui, jumlah anggota PHRI Kota Batu sebanyak 88 anggota. Dari jumlah tersebut diantaranya terdapat 60 hotel dan 12 restoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com