Kompas.com - 27/04/2022, 15:06 WIB
Ilustrasi Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/aditya_frzhmIlustrasi Yogyakarta.

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Gunungkidul, DI Yogyakarta menargetkan kunjungan wisata selama libur Lebaran mencapai sebanyak 154.403 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian mengatakan, sesuai dengan ketetapan Pemerintah Pusat, libur berlaku mulai 29 April hingga 8 Mei mendatang.

"Selama libur lebaran menargetkan kunjungan sebanyak 154.403 wisatawan. Dengan total pendapatan retribusi mencapai sekitar Rp 1,2 miliar," kata Arif saat dihubungi melalui telepon Rabu (27/04/2022).

Baca juga: Hari Raya Idul Fitri, Wisata Keraton Yogyakarta Tutup 3 Hari

Meski mematok target kunjungan, Arif menyampaikan, untuk libur lebaran tahun ini pihaknya tidak menggelar atraksi hiburan kepada wisatawan. Sebab, kondisi dianggap masih belum sepenuhnya terbebas dari pandemi.

Selain itu, meski aktivitas sudah mulai diperlonggar, namun penerapan protokol kesehatan di area wisata tetap dilaksanakan secara ketat.

Pihaknya bersama instansi lainnya akan berusaha mengajak pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Sesuai dengan status PPKM Level Dua, maka kapasitas kunjungan maksimal sebanyak 75 persen dari jumlah kujungan di waktu normal," kata Arif.

Baca juga:

Untuk pengawasan protokol kesehatan, Dinas Pariwisata Gunungkidul sudah menjalin kerja sama dengan TNI-Polri hingga petugas SAR di kawasan pantai.

"Mulai dar TPR kami sudah menyiapkan layanan aplikasi Peduli Lindungi untuk pengunjung," kata Arif.

Kepala Satpol PP Gunungkidul Edy Basuki mengatakan untuk kesiapan menyambut libur lebaran sebanyak 99 personil SAR satlinmas wilayah I dan II Gunungkidul disiagakan.

"Seluruh petugas sudah siap menghadapi libur lebaran," kata Edy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.