Kompas.com - 28/04/2022, 10:51 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), memiliki sejumlah tempat wisata, khususnya wisata alam. 

Wisatawan pencinta wisata air terjun bisa menjelajahi air terjun di Kampung Canggo, Desa Golo Meleng, Kecamatan Rana Mese, dengan dipandu warga setempat.

Warga Desa Golo Meleng, Yohanes Bambang, menjelaskan, daerah aliran sungai (DAS) Wae Lawar dan Wae Rutung merupakan dua sumber mata air. Keduanya mengairi lahan persawahan dan lima air terjun.

Adapun kelima air terjun tersebut adalah Air Terjun Cunca Galang, Air Terjun Cunca Lawar, Air Terjun Kedungkiur, Air Terjun Tiwu Rewung, dan Air Terjun Tiwu Ntala. Semua air terjun tersebut memiliki keunikan dan makna masing-masing. 

Air Terjun Cunca Galang

Secara harfiah, Cunca Galang berarti sebuah tempat berbentuk horizontal yang terbuat dari bambu betung. Warga setempat memberikan nama air terjun itu sesuai bentuknya.

Menurut Yohanes, nama tersebut mengacu pada bentuk kikisan air di sebuah batu cadas yang amat keras hingga terbentuk seperti sebuah selokan yang cukup dalam dan panjang, serta membuat air mengalir tenang lewat celah batu tersebut.

Medan batunya terlihat sedikit curam dan terdapat bagian gundukan batu cadas di sisi kiri dan kanan. Namun, saat musim hujan, air sungai semakin banyak hingga bagian gundukan batu tersebut dilintasi air dan terlihat seperti gelombang air yang unik. 

Selain itu, di sisi kanan dan kiri Air Terjun Cunca Galang terdapat tebing batu yang tebal dan tinggi, serta ditumbuhi pepohonan. Terlihat kawanan kelelawar yang hinggap sebentar di tepi tebing. 

Tempat ini dinilai ekstrem karena akses masuknya cukup menantang, sehingga untuk sementara para pengunjung hanya diizinkan menikmati air terjun ini dari sisi kanan. 

Baca juga: Syarat Wisata ke Taman Nasional Komodo NTT, Wajib Punya Surat Sehat

Air terjun Cunca Galang, Desa Golo Meleng, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Sslasa, (26/4/2022). (KOMPAS.com/DOK YOHANES BAMBANG-WARGA DESA GOLO MELENG)KOMPAS.com/DOK YOHANES BAMBANG-WARGA DESA GOLO MELENG Air terjun Cunca Galang, Desa Golo Meleng, Kec. Ranamese, Kab. Manggarai Timur, NTT, Sslasa, (26/4/2022). (KOMPAS.com/DOK YOHANES BAMBANG-WARGA DESA GOLO MELENG)

Air Terjun Cunca Lawar 

Nama tempat wisata ini mengacu pada gua dan sarang burung walet yang ada di dekat air terjun. Jadi, sembari berwisata, pengunjung bisa melihat burung walet keluar-masuk gua itu.

Daya tarik lainnya adalah bongkahan batu yang berbentuk lingkaran akibat kikisan dan tekanan air yang cukup deras sepanjang waktu. Di sisi kanannya terdapat cekungan batu yang berbentuk gua. 

Baca juga: Belum Banyak Dilirik, Ini Sejumlah Obyek Wisata di Manggarai Timur NTT

Air Terjun Kedungkiur

Sebagai informasi, jarak dari Air Terjun Cunca Galang ke Air Terjun Kedungkiur cukup dekat, yakni sekitar 15 meter. 

Yohanes menjelaskan, nama air terjun ini mengacu pada nama sebuah tempat yang digenangi air cukup dalam dan terlihat sempit, serta terletak dibawah kaki air terjun ini. Di genangan air tersebut, terdapat belut, ikan, udang, dan kepiting. 

Konon, pada zaman dahulu, tempat ini kerap diganggu gerombolan peramu yang mengancam kehidupan hewan-hewan tersebut. 

Adapun nama dari tempat ini adalah Tiwu Kedu yang terkenal sempit dan curam. Jika diamati dari puncak air terjun, genangan air ini berbentuk sedikit kerucut dan di bagian ujung tempat keluarnya air terdapat batu yang terjepit. 

Tempat ini, lanjutnya, juga memiliki unsur mistik. Konon, ada seorang warga yang tiba-tiba mendengar alunan musik tradisional ala Manggarai yang bersumber dari air terjun ini. 

Baca juga: Uniknya Air Terjun Kembar Gajah di NTT, Punya Bebatuan Mirip Belalai Gajah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.