Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Ini Titik Rawan Kecelakaan Saat Wisata di Kulon Progo

Kompas.com - 28/04/2022, 11:52 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Wisatawan yang hendak mengunjungi Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diimbau untuk berhati-hati di sejumlah jalur dan titik rawan kecelakaan lalu lintas. 

Di kawasan Bukit Menoreh, misalnya, wisatawan bisa mewaspadai tanjakan Bibis Girimulyo.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo, Lucius Bowo Pristyanto, wisatawan perlu berhati-hati saat melewati tanjakan Bibis, Kapanewon Girimulyo, ini.

"Bagi pengemudi dari luar daerah biasanya terjebak di tanjakan Bibis. Tanjakan tersebut rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, sehingga wisatawan perlu hati-hati," kata Bowo, dikutip dari Antara, Rabu (27/4/2022).

Baca juga:

Sementara itu, jalur wisata lain yang perlu diwaspadai adalah jalan tempat wisata Menoreh Barat, di antaranya Waduk Sermo, Kalibiru, Pule Payung, dan Gunung Gajah. 

Dari Menoreh Utara, salah satu jalan yang perlu diwaspadai adalah jalan menuju tempat wisata Kebun Teh Nglinggo dan Tritis, Kecamatan Samigaluh. Kondisi jalannya relatif baik, namun tanjakannya cukup terjal. 

Kebun Teh NglinggoDok. DINPAR.KULONPROGOKAB.go.id Kebun Teh Nglinggo

"Kawasan menuju Kebun Teh Nglinggo dan sekitarnya harus diwaspadai. Sekali lagi untuk kondisi jalan relatif bagus, tapi karena terletak di perbukitan, jalannya begitu naik dengan kecuraman cukup tajam. Jalannya berkelok. Biasanya kawan-kawan luar daerah yang baru pertama lewat sana akan kaget," jelasnya.

Tidak hanya itu, jalan ke timur menuju Jalan Godean, yang bisa tembus ke Kota Yogyakarta, juga harus diwaspadai. 

Jalur tersebut menjadi jalur utama ke beberapa tempat wisata, antara lain Gua Kiskendo, Taman Air Sungai Mudal, dan Kedung Pedut. 

Baca juga:

Bowo menambahkan, pihaknya dan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Kulon Progo telah memetakan jalur yang berpotensi menjadi titik kecelakaan lalu lintas. 

Adapun terdapat 11 titik rawan kecelakaan di sepanjang Temon-Yogyakarta, yaitu Simpang Sindutan, Depan Pasar Temon, Karangwuni, Toyan, Dalangan, Tembak, Durungan, Milir, Kalimenur, Dudukan, dan Bantar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com