Kompas.com - 28/04/2022, 14:03 WIB

KOMPAS.com - Memberikan ucapan selamat Idul Fitri adalah bagian dari tradisi menyambut lebaran yang dilakukan setiap tahunnya.

Tinggal menghitung hari, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 2022 yang bertepatan dengan 1443 Hijriah. 

Biasanya, ucapan diberikan kepada keluarga dan kerabat lewat berbagai bentuk, seperti pesan singkat atau parsel.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat Idul Fitri 2022 dalam Bahasa Inggris yang Singkat

Seperti apa ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri yang baik?

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan mengatakan, hakikat Idul Fitri artinya kepada kepada fitrah atau kesucian.

Sebab, setelah berpuasa dengan penuh keimanan selama Ramadhan, umat Islam diampuni dosanya yang telah lampau. 

“Dengan puasa Ramadhan, Allah SWT mengampuni dosa umat manusia sehingga kembali ke fitrah atau kesucian sebagaimana manusia itu lahir. Jadi, hakikat Idul Fitri itu adalah fitrah, kesucian,” terangnya kepada Kompas.com, Rabu (27/04/2022). 

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk keluarga dan teman disesuaikan dengan makna Idul Fitri tersebut.

Utamanya, lanjut dia, adalah saling mendoakan supaya amal ibadah selama Ramadhan diterima Allah SWT, sehingga bisa menghapus dosa yang lampau.

“Doanya, taqabbalallaahu minna wa minkum, yang artinya semoga Allah mengabulkan atau menerima amal ibadah amal ibadah Ramadhan saya dan kamu,” terangnya. 

Baca juga:

Selanjutnya, doa tersebut dapat dilengkapi dengan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 atau 1443 H dan permohonan maaf sesama umat. 

Sebab, kata Amirsyah, seorang muslim tak hanya mempunyai hubungan dengan Allah SWT atau hablum minallah, tetapi juga hubungan dengan manusia atau hablum minannas

“Belum tentu Allah SWT mengampuni dosa hamba-Nya, kalau hablum minannas belum saling memaafkan,” ucapnya. 

Jadi, jika dilengkapi maka ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 menjadi, taqabbalallaahu minnaa wa minkum, mohon maaf lahir dan batin, selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah. 

“Jadi, yang diutamakan adalah ucapan doanya, namun ada pula yang mengawali dengan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah,” tuturnya. 

Baca juga: Takbir Idul Fitri dan Idul Adha: Bacaan, Makna, dan Perbedaannya

Sementara itu, salah satu ucapan yang sudah menjadi tradisi umat Islam di Indonesia adalah minal ‘aidin wal faizin yang berarti semoga Allah SWT menjadikan saya dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang meraih kemenangan di hari fitri. 

Selain ucapan di atas, Amirsyah menuturkan ucapan selamat Idul Fitri biasanya digabungkan dengan kalimat lainnya. Menurutnya, hal tersebut tidak masalah karena bergantung dari gaya bahasa seseorang. 

Namun, yang perlu digarisbawahi adalah ucapan selamat Idul Fitri tersebut tidak menjatuhkan atau menyinggung kelompok maupun individu tertentu. 

“Bergantung gaya bahasa saja, yang penting doanya dan pesannya sampai, karena kata-kata tadi sifatnya simbolis bergantung gaya bahasa masing-masing,” ucapnya. 

Berikut 30 contoh ucapan selamat Idul Fitri 2022 untuk keluarga dan teman dari berbagai sumber.

Ucapan selamat Idul Fitri 2022

Ilustrasi hampers dan ucapan selamat hari raya Idul Fitri.SHUTTERSTOCK/CHARISMA MAYA Ilustrasi hampers dan ucapan selamat hari raya Idul Fitri.

1.  Taqabbalallaahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin, selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah.(semoga Allah mengabulkan atau menerima amal ibadah amal ibadah Ramadhan saya dan kamu). 

2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah, taqabbalallaahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin. 

3. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Wa ja’alanallaahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin, kullu ‘ammin wa antum bi khair. (Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Ramadhan saya dan kamu, wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah. Dan semoga Allah SWT menjadikan saya dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang, serta diterima amal ibadah. Setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan). 

4. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. 

5. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah. 

6. Minal‘ aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah. 

7. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘ammin wa antum bi khair. (Semoga Allah SWT menerima puasa saya dan kamu, dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan).

8. Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga tulisan ini mampu menjadi jembatan pada hari penuh kemenangan ini. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. 

9. Memang raga kita tak bertemu, namun hati kita selalu menyatu. Mohon maaf segala khilaf dan tingkah laku. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. 

10. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Minal ‘aidin wal Faizin. Semoga kita semua kembali suci dan menggapai kemenangan. Mohon maaf lahir dan batin.

Baca juga: 10 Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.