Kompas.com - 28/04/2022, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Masjid dengan gaya arsitektur khas Negeri Tirai Bambu, berdiri kokoh di pusat Kota Surabaya. Masjid dengan perpaduan budaya Tionghoa dan Arab ini bernama Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Didominasi warna merah bata, biru dan hijau, atap masjid justru tidak berbentuk kubah seperti masjid pada umumnya.

Sebagaimana yang disampaikan Takmir Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya Ahmad Haryono Ong, pembangunan masjid dilatarbelakangi keberadaan komunitas Muslim Tionghoa di Surabaya, yakni Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI).

Baca juga: Siapkan 4 Hal Ini Saat Berkendara Semarang-Surabaya, Tarif Tol hingga BBM

"PITI berdiri dan berkembang, lalu mulai dibangunlah masjid ini pada tahun 2001. Berdirinya Masjid Muhammad Cheng Hoo ditandai dengan peletakan batu pertama saat Isra Miraj Muhammad SAW, 15 Oktober 2001," kata Ahmad kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Adapun pembangunan masjid yang sesungguhnya baru benar-benar dimulai tanggal 10 Maret 2002 dan selesai total pada 13 Oktober 2002, atau memakan waktu sekitar tujuh bulan.

"Masjid diresmikan tanggal 28 Mei 2003. Bertepatan pada peresmian tersebut, Masjid Muhammad Cheng Hoo mendapatkan piagam penghargaan dari MURI sebagai masjid yang pertama kali berdiri di Indonesia menggunakan nama Muhammad Cheng Hoo berarsitektur Tiongkok," ujar dia.

Melekatnya nama Cheng Ho pada masjid

Ahmad Haryono menyebut bahwa pemberian nama Muhammad Cheng Hoo sendiri bukan berarti Muhammad Cheng Hoo lah yang mendirikan masjid ini.

Interior dalam Masjid Muhammad Chrng Hoo SurabayaKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Interior dalam Masjid Muhammad Chrng Hoo Surabaya

"Melainkan kita sebagai masyarakat muslim Tionghoa terinspirasi dari sosok Laksmana Cheng Ho yang taat dan saleh dari China. Dengan ketaatan dan kesalehan beliau, namanya kita gunakan untuk masjid ini," tutur Ahmad.

Meski banyak yang mengira bahwa Cheng Ho bukanlah seorang Muslim, nyatanya Cheng Ho merupakan sosok pemeluk agama Islam yang taat.

Baca juga: Jejak Pelayaran Laksamana Cheng Ho Diluncurkan di Pantai Tong Aci

Bila dilihat dari sisi arsitekturnya, Ahmad menuturkan bahwa masjid terinspirasi dari bangunan Masjid Niujie di Beijing.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.