Kompas.com - 28/04/2022, 18:04 WIB

KOMPAS.com - Probolinggo punya sederet atraksi wisata alam yang memesona dengan panorama lautnya. Kota pesisir ini bisa menjadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu bersama keluarga selama libur lebaran 2022.

Salah satu lokasi terbaik untuk menikmati eksotisme hutan bakau dan tepi laut Probolinggo adalah wisata mangrove BJBR (BeeJay Bakau Resort).

Baca juga: Mewahnya Rest Area Km 456 Salatiga, Seperti Mal di Antara 5 Gunung

Rupanya, resor ini dulunya adalah kawasan pembuangan sampah, hingga akhirnya menjelma sebagai tempat wisata keluarga di Jawa Timur.

"Bagian belakang tempat ini dulunya tempat pembuangan sampah, kotor sekali, lalu dibersihkan dan bangunan pertama yang dibikin adalah restoran. Kemudian dipasang jembatan kayu secara manual agar tidak merusak ekosistem bakau, pelan-pelan pembangunan wahana dan bungalow dilakukan secara bertahap hingga seperti ini," terang Rohman, Captain Floor BJBR kepada Kompas.com, Selasa (26/04/2022).

Bee Jay Bakau Resort bisa jadi pilihan yang pas untuk tempat healing sekaligus melepas kejenuhan rutinitas hidup.

Berlokasi di dekat Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, BJBR berjarak sejauh 13 kilometer dari Gerbang Tol Probolinggo Utara, atau sekitar 30 menit bila ditempuh dengan mobil.

Apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di wisata mangrove BJBR? Berikut ulasannya.

Beribadah di mushola unik di tengah laut

Interior dalam mushola di Bee Jay Bakau ResortKompas.com/Aprinda Mega Nanda Interior dalam mushola di Bee Jay Bakau Resort

Salah satu spot yang menyita perhatian dari BJBR ini adalah mushol berdinding kaca dan "mengapung" di atas laut.

Setelah beribadah, pengunjung bisa menikmati panorama hutan bakau yang mengagumkan serta merasakan suasananya yang menenangkan. Tempat wudu yang tersedia juga berkonsep outdoor sehingga memungkinkan kita sembari menikmati pemandangan yang asri.

Baca juga: 5 Fasilitas di Rest Area Km 86 Tol Cipali Jelang Mudik Lebaran 2022

Berfoto di spot Instagramable

Gerbang Sewu Bee Jay Bakau ResortKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Gerbang Sewu Bee Jay Bakau Resort

Bagi kamu yang doyan berburu foto, ada banyak sekali titik-titik Instagramable untuk menghias media sosialmu.

Seperti pantauan Kompas.com, Selasa, bila ingin mendapat moment terbaik saat berkunjung ke tempat ini, datanglah mulai dari pukul 15.00 WIB hingga menjelang malam.

Pihak pengelola rupanya juga menyarankan hal yang sama.

"Disarankan datang mulai dari sore sampai malam hari karena tidak panas dan bisa menikmati dua suasana, siangnya bisa melihat binatang-binatang laut seperti kepiting dan ikan-ikan kecil, malam harinya ada view lampu-lampu," saran Operasional Manager BJBR Probolinggo, Joko Hariyanto, saat ditemui Kompas.com.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam ke Bromo via Probolinggo-Malang Naik Motor

Pada waktu tersebut, lampu-lampu di wahana Alunan Cahaya akan mulai dihidupkan, bersama kemerlap lampu wahana lainnya. Kamu juga bisa duduk sejenak di bangku yang tersedia pada sejumlah titik belokan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.