Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Kembali Layani Rute Internasional

Kompas.com - 29/04/2022, 17:18 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, kembali melayani rute penerbangan internasional reguler, mulai Kamis (28/4/2022).

Penerbangan perdana ini ditandai dengan mendaratnya maskapai AirAsia AK330 asal Kuala Lumpur, Malaysia. 

Penerbangan yang mengangkut 140 penumpang tersebut mendarat di runway bandara pukul 10.21 Wita.

Setelah menurunkan penumpang, pesawat yang sama kembali terbang ke Kuala Lumpur pukul 11.25 Wita, dengan membawa 66 penumpang. Penerbangan ini menggunakan nomor penerbangan AK331.

"Per Kamis (28/4/2022) siang, satu lagi bandara di bawah kelolaan Angkasa Pura I (PT AP I) kembali melayani penerbangan internasional reguler, yaitu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Kami menyambut hal ini dengan sangat positif, mengingat semakin banyaknya bandara kami yang berfungsi sebagai pintu masuk atau entry point penerbangan internasional reguler," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (AP I), Faik Fahmi, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Baca juga:

Ia mengatakan, pihaknya optimistis bahwa hal ini akan semakin mendorong peningkatan trafik penumpang dan penerbangan internasional reguler di bandara-bandara kelolaan PT AP I.

Penerbangan ini dijadwalkan beroperasi sebanyak dua kali per minggu, yaitu pada hari Kamis dan Sabtu.

Maskapai AirAsia yang menggunakan pesawat jenis Airbus A320 ini berkapasitas 180 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana kali ini, load factor pesawat mencapai 78 persen.

Jadi awal kembalinya penerbangan internasional di Bandara Sultan Hasanuddin

Aktivitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar saat pandemi Covid-19.Dokumentasi AP 1 Makassar Aktivitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar saat pandemi Covid-19.

Penerbangan tersebut menjadikan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebagai bandara keempat, di bawah pengelolaan PT AP I, yang kembali melayani penerbangan rute internasional reguler.

Adapun beberapa bandara yang telah lebih dulu membuka rute internasional reguler adalah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali; Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara; dan Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur. 

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19.

Baca juga:

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, berharap penerbangan perdana ini dapat menjadi awal yang baik bagi penerbangan internasional di bandara yang dipimpinnya tersebut.

“Sebelum pandemi, AirAsia melayani penerbangan luar negeri setiap hari. Semoga seiring berjalannya waktu dan apabila kondisi semakin baik, Air Asia dapat kembali beroperasi setiap hari,” ujar Wahyudi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com