Kompas.com - 29/04/2022, 18:15 WIB
HeHa Ocean View ShutterstockHeHa Ocean View

KOMPAS.com - Momen libur Lebaran biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata bersama dengan keluarga. Tak heran, obyek wisata selalu ramai saat libur Lebaran. 

Jika kamu dan keluarga berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), banyak tempat wisata yang bisa kamu sambangi. Sejumlah obyek wisata di Yogyakarta tersebut, baru beroperasi dalam beberapa tahun terakhir atau sekitar tahun 2020. 

Berikut delapan wisata Yogyakarta terbaru yang bisa dikunjungi saat Lebaran 2022:

Baca juga:

1. HeHa Sky View 

Sky Glass, spot foto di HeHa Sky View, YogyakartaDok. https://hehaskyview.com/ Sky Glass, spot foto di HeHa Sky View, Yogyakarta

Jika kamu dan keluarga ingin mengisi waktu libur Lebaran dengan menikmati pemandangan Kota Gudeg dari ketinggian, maka HeHa Sky View merupakan pilihan tepat. 

Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (8/2/2020), HeHa Sky View menyediakan restoran berkonsep modern dan food stall. Food stall merupakan area kuliner dengan konsep street food, sehingga penjual menjajakan makanan dari kontainer-kontainer. 

Sementara itu, restoran terdiri dari empat lantai dengan berbagai fasilitas. 

HeHa Sky View mempunyai beberapa spot foto Instagramable bagi pengunjung, antara lain Sky Ballon, Love Box, dan Sky Glass yang merupakan spot foto ikonik di atas lantai kaca. Untuk menjajal setiap spot foto tersebut, pengunjung harus membayar tiket tambahan.

HeHa Sky View berlokasi di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. 

Pada Hari Raya Idul Fitri 2022 HeHa Sky View tetap beroperasi. Namun, ada perubahan jam buka dan tarif tiket pada periode 2-8 Mei 2022. 

Rinciannya, pada 2 Mei 2022, jam buka mulai pukul 13.00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan, pada 3-8 Mei 2022, jam buka mulai 08.00 hingga 21.00 WIB. 

Tarif tiket pada periode tersebut mulai dari Rp 25.000 per orang. Untuk anak usia dua tahun ke atas, tetap berlaku tiket harga penuh. 

Baca juga: Panduan Wisata HeHa Sky View, Fasilitas, Jam Buka, Tiket, dan Rute

2. HeHa Ocean View

Salah satu spot foto dan nongkrong baru di Gunung Kidul, HeHa Ocean ViewDok. Instagram @hehaoceanview Salah satu spot foto dan nongkrong baru di Gunung Kidul, HeHa Ocean View

Berlibur di Yogyakarta, tak lengkap rasanya jika belum melihat Pantai Selatan. Salah satu wisata pantai di Kota Pelajar adalah HeHa Ocean View yang menawarkan pemandangan laut selatan dari tepi tebing.

Menurut Kompas.com, Kamis (4/2/2021), keunikan HeHa Ocean View adalah area yang berundak-undak karena berada di perbukitan dan tepian tebing. Terdapat tiga area di HeHa Ocean View yang bisa dinikmati pengunjung, yakni area atas, tengah, dan bawah. 

HeHa Ocean View juga menyediakan spot foto Instagramable bagi pengunjung. Terdapat sekitar  11 spot foto di HeHa Ocean View dengan pemandangan laut selatan. 

Selain foto di spot Instagramable, wisatawan bisa duduk santai di area taman dan kolam sambil menikmati penampilan live music. Pengunjung juga bisa membeli makanan dari restoran, food stall atau konter makanan, dan angkringan.

Ada jam buka dan tarif khusus pada libur Lebaran 2022, berdasarkan informasi dari akun Instagram @hehaoceanview.

Pada 2 Mei 2022, HeHa Ocean View buka pada pukul 13.00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan, pada 3-16 Mei 2022, obyek wisata ini buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

Tarif tiket selama libur nasional mulai dari Rp 25.000 per orang. HeHa Ocean View berlokasi di Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul. 

Baca juga: Panduan Wisata HeHa Ocean View, Fasilitas, Tips, Jam Buka, dan Rute

3. Obelix Hills 

Tempat wisata di Yogyakarta bernama Obelix Hills (https://obelixhills.com/).https://obelixhills.com/ Tempat wisata di Yogyakarta bernama Obelix Hills (https://obelixhills.com/).

Dari Obelix Hills, wisatawan bisa menyaksikan panorama Yogyakarta dari ketinggian. Dilansir dari situs web resminya, obyek wisata ini mengusung tagline sunset on the rock. 

Tak berlebihan, sebab pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) dari tebing.

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (12/5/2021), perbedaan Obelix Hills dengan tempat wisata perbukitan lainnya di Yogyakarta adalah Obelix Hills berdiri di atas perbukitan dengan batu asli.

Selain itu, tersedia 30 spot foto Instagramable bagi pengunjung yang dapat diakses dengan cuma-cuma, berdasarkan informasi dari situs web resminya. Salah satu spot foto favorit pengunjung adalah Eagle Nest. 

Spot foto ini cukup menguji adrenalin pengunung, karena menawarkan sensasi berada di atas jaring tali dari ketinggian

Berdasarkan informasi dari akun Instagram @obelixhills, obyek wisata ini buka pada pukul 10.00-21.00 WIB pada Senin-Jumat. Sedangkan, pada akhir pekan serta libur nasional buka pukul 07.00-21.00 WIB. 

Harga tiket pada Senin hingga Kamis mulai dari Rp 15.000 per orang. Sedangkan, pada akhir pekan dan libur nasional, harga tiket masuknya mulai dari Rp 20.000 per orang.

Pengunjung dapat membeli tiket secara daring di situs Obelix Hills dan aplikasi Explore Jogja. Lokasi Obelix Hills berada di Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 

Baca juga: Panduan Wisata ke Obelix Hills, Fasilitas, Jam Buka, Tiket, dan Rute

4. Mahaloka Paradise

Pronosutan View berupa jalan di tengah luasnya hamparan sawah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pronosutan View berupa jalan di tengah luasnya hamparan sawah Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Mahaloka Paradise merupakan sebuah restoran yang menghadirkan suasana alam. Para tamu yang berkunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan Menoreh. 

Mahaloka Paradise berada di Pronosutan View. Hamparan persawahan ini terletak di Dusun Pronosutan, Desa Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com, Sabtu (21/11/2020), para wisatawan yang datang ke Pronosutan View dapat melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berfoto, bersepeda, hingga wisata kuliner. 

Spot foto favorit adalah jalan beton yang membelah hamparan sawah. Penduduk sekitar juga menyediakan sepeda sewaan bagi pengunjung yang ingin berfoto. 

Menurut akun Instagram @mahaloka_paradise, tiket masuk pada Senin-Kamis mulai dari Rp 15.000 per orang. Sedangkan, tarif masuk pada Jumat-Minggu serta libur nasional mulai dari Rp 20.000 per orang. 

Dengan membayar tiket tersebut, pengunjung sudah mendapatkan jajanan pasar, air minum dalam kemasan, dan akses ke spot foto. 

Tempat 2isata kuliner ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Menu yang disajikan di Mahaloka Paradise merupakan kuliner khas Nusantara, antara lain nasi kuning, nasi ayam, nasi cumi, sop ayam, dan aneka rice bowl.

Baca juga: 20 Oleh-oleh Khas Yogyakarta, Ada Cokelat Monggo hingga Geplak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.