Kompas.com - 30/04/2022, 13:31 WIB
Arus Lalu Lintas di Jalan Lingkar Luar Karawang, arah menuju Cikampek, Jumat (29/4/2022). KOMPAS.COM/FARIDAArus Lalu Lintas di Jalan Lingkar Luar Karawang, arah menuju Cikampek, Jumat (29/4/2022).

KOMPAS.com - Puncak arus mudik Lebaran 2022 diprediksi berlangsung Jumat (29/4/2022) hingga Sabtu (30/4/2022).

Sejumlah ruas jalan tol, khususnya tol Trans-Jawa yang menghubungkan tiga provinsi tujuan mudik paling dominan, ramai dipadati pengendara sejak beberapa hari lalu.

Kasatlantas Polres Semarang Rendi Johan Prasetyo mengimbau para pemudik yang baru akan memulai perjalanan untuk dapat memanfaatkan jalur alternatif selain tol jika ingin menghindari kepadatan di jalan maupun rest area.

"Imbauan kepada teman-teman yang mudik dari Jakarta, banyak alternatif sekarang, tidak harus menggunakan jalur tol. Bisa menggunakan arteri, bisa jalur selatan, ya sambil jalan-jalan lah," kata Rendi kepada Kompas.com di Rest Area Km 429 A, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Kondisi Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Lumajang Saat Mudik 2022

Ia menambahkan, tidak masalah jika pemudik tetap ingin melalui jalan tol, asalkan tetap sabar dan mengikuti peraturan yang berlaku.

"Kalau tol sudah pasti seperti ini risikonya. Akan ada perlambatan, orang mau ke SPBU, makan di rest area. Enggak apa-apa, asal disikapi dengan sabar. Jangan kebut-kebutan, kecepatan sesuai yang aturan yang disarankan," imbuhnya.

Pesan untuk para pemudik

Selain itu, ia juga memberikan beberapa pesan kepada masyarakat yang baru akan melakukan perjalan mudik.

Di antaranya, menyiapkan kendaraan dalam kondisi prima sehingga tidak terjadi hambatan yang berasal dari mesin.

Kemudian, ia mengimbau agar para pemudik memenuhi bahan bakar minyak (BBM) sesuai perkiraan jarak perjalanan.

Pemudik melintasi Jalan Arteri Karawang, Jumat (29/4/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Pemudik melintasi Jalan Arteri Karawang, Jumat (29/4/2022).

"Lalu biar lebih aman dan nyaman juga, sebaiknya bawa makanan sendiri. Selain itu, jaga kesehatan, istirahat yang cukup sebelum berangkat, serta berdoa di perjalanan," pesan Rendi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.