Kompas.com - 30/04/2022, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kembali melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan mendaratnya penerbangan AirAsia AK 348 dengan rute asal Kuala Lumpur (KUL), Jumat (29/4/2022).

Ini merupakan penerbangan internasional reguler perdana yang kembali dilayani sejak YIA beroperasi secara penuh sejak pandemi Covid-19 di Indonesia tahun 2020 lalu.

Penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA pada Jumat (29/4/2022), pukul 17.30 WIB, membawa total 171 penumpang dengan 59 orang Warga Negara Asing (WNA) dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca juga: Kereta Bandara Railink Layani Penumpang dari Bandara YIA

Penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara ini akan beroperasi dengan frekuensi dua kali dalam seminggu, yaitu Jumat dan Minggu.

Adapun maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana Jumat itu, kapasitas jumlah penumpang (load factor) mencapai 92 persen.

Bandara kelima kelolaan AP I yang layani rute internasional

Adapun YIA menjadi bandara kelima di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I yang kembali melayani penerbangan internasional usai ditetapkan menjadi entry point.

Keputusan itu berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19,

“PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta menyambut baik beroperasinya penerbangan rute internasional dari AirAsia yang menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/4/2022).

Bandara YIAKOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Bandara YIA

Pihaknya terus berkomitmen untuk memastikan setiap operasional dan pelayanan penerbangan kepada seluruh pengguna jasa berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan, dan pelayanan yang berlaku.

"Kami optimistis dengan pembukaan rute ini akan mampu meningkatkan trafik penerbangan rute internasional di YIA secara perlahan serta membawa multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta," imbuh dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.