Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Internasional Yogyakarta Kembali Buka Rute Internasional, Bisa ke Kuala Lumpur

Kompas.com - 30/04/2022, 16:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) kembali melayani penerbangan internasional yang ditandai dengan mendaratnya penerbangan AirAsia AK 348 dengan rute asal Kuala Lumpur (KUL), Jumat (29/4/2022).

Ini merupakan penerbangan internasional reguler perdana yang kembali dilayani sejak YIA beroperasi secara penuh sejak pandemi Covid-19 di Indonesia tahun 2020 lalu.

Penerbangan AirAsia AK 348 mendarat di YIA pada Jumat (29/4/2022), pukul 17.30 WIB, membawa total 171 penumpang dengan 59 orang Warga Negara Asing (WNA) dan selebihnya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca juga: Kereta Bandara Railink Layani Penumpang dari Bandara YIA

Penerbangan AirAsia KUL-YIA-KUL sementara ini akan beroperasi dengan frekuensi dua kali dalam seminggu, yaitu Jumat dan Minggu.

Adapun maskapai AirAsia menggunakan pesawat jenis Airbus A320 Neo berkapasitas 186 penumpang, sehingga pada penerbangan perdana Jumat itu, kapasitas jumlah penumpang (load factor) mencapai 92 persen.

Bandara kelima kelolaan AP I yang layani rute internasional

Adapun YIA menjadi bandara kelima di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I yang kembali melayani penerbangan internasional usai ditetapkan menjadi entry point.

Keputusan itu berdasarkan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor SE 42 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19,

“PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Yogyakarta menyambut baik beroperasinya penerbangan rute internasional dari AirAsia yang menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (30/4/2022).

Bandara YIAKOMPAS.com/Ni Nyoman Wira Bandara YIA

Pihaknya terus berkomitmen untuk memastikan setiap operasional dan pelayanan penerbangan kepada seluruh pengguna jasa berjalan lancar dan memenuhi standar keamanan, keselamatan, dan pelayanan yang berlaku.

"Kami optimistis dengan pembukaan rute ini akan mampu meningkatkan trafik penerbangan rute internasional di YIA secara perlahan serta membawa multiplier effect bagi pemulihan ekonomi dan industri pariwisata di Yogyakarta," imbuh dia.

Sementara itu, Direktur Utama AirAsia, Veranita Yosephine mengungkapkan bahwa pihaknya melihat hal ini sebagai peluang terutama bagi penerbangan dan pariwisata.

Baca juga: Dafam Hotel Management akan Buka Hotel Dekat Bandara YIA Kulon Progo

“Kami melihat ini menjadi potensi positif sebagai upaya recovery sektor penerbangan, pariwisata dan perekonomian dalam melewati masa pandemi. Kita akan terus berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura I untuk memaksimalkan peluang yang kita miliki," ujar dia.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, juga memiliki harapan besar terhadap pembukaan kembali rute internasional di YIA.

“Atas nama pemerintah DIY kami mengucapkan terima kasih. Ini merupakan kesempatan yang baik sekali," kata Singgih.

Baca juga: Harga Tiket KA Bandara YIA dan Rute Perjalanannya

Dengan dibukanya kembali penerbangan internasional melalui YIA, pihaknya berharap semoga untuk dapat membuka aksesibilitas bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta, serta membuka peluang bisnis dan investasi di Yogyakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com