Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2022, Pelaku Pariwisata di Kota Batu Optimistis Jumlah Kunjungan Naik

Kompas.com - 30/04/2022, 20:03 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATU, KOMPAS.com - Peningkatan pengunjung di tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur, mulai terlihat pada Sabtu (30/4/2022) siang.

Salah satunya terpantau di Taman Rekreasi Selecta. Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi, mengatakan, pada beberapa hari lalu dalam sehari rata-rata tempat wisata tersebut dikunjungi sekitar 250 wisatawan.

Dia optimistis dan memprediksi bahwa hari Sabtu ini dapat tembus sekitar 500 pengunjung.

Baca juga:

"Sudah ada peningkatan kalau dibandingkan momen liburan sebelumnya, tapi sampai siang ini belum ada ribuan, belum ada 500 (orang), tapi kita optimis sampai sore nanti bisa tembus sampai segitu, kemarin sehari 250 (orang)," kata Sujud saat dihubungi via telepon, Sabtu.

Dia memperkirakan, puncak keramaian pengunjung akan mulai terjadi pada dua hari setelah Lebaran 2022. Sujud berharap, setiap harinya nanti dapat dikunjungi sekitar 5.000 orang.

"Estimasi kami di hari plus dua (H+2) ada peningkatan lebih, harapan kami setiap hari bisa sampai 5.000 (orang), kalau bisa lebih dari itu ya Alhamdulillah, harapan kami bisa sampai H plus 14 (H+14)," katanya.

Taman Rekreasi Selecta, Batu, Jawa Timur.DOK. selectawisata.id Taman Rekreasi Selecta, Batu, Jawa Timur.

Namun, ia juga masih pesimistis karena menurutnya antusiasme pengunjung yang datang diperkirakan juga masih belum maksimal. Dia menilai para pemudik lebih memprioritaskan untuk menghabiskan waktu berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman.

"Tetapi untuk wisata nomor dua, harapan kami mereka yang berkumpul dengan keluarganya bisa berwisata bareng-bareng," katanya.

Lebih lanjut, untuk harga tiket masuk setiap pengunjung dikenakan tarif Rp 40.000. Dengan harga tersebut, wisatawan dapat berenang di kolam renang dengan air yang jernih dan bisa melihat pemandangan taman bunga.

Baca juga: Skuter Listrik Dilarang di Jalan Raya Alun-alun Kota Batu

"Untuk syarat masuk, pengunjung harus sudah tervaksinasi Covid-19 hingga dosis kedua, tetapi kalau wisatawan misal masih dosis pertama di tempat rekreasi kami menyediakan gerai vaksin yang bekerjasama dengan instansi terkait," katanya.

Kemudian, perlu diketahui bahwa tempat wisata hanya diperbolehkan menerima kunjungan sebesar 75 persen dari kapasitas normal. Hal itu dikarenakan Kota Batu menyesuaikan dengan aturan PPKM (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang berlaku di Level 2.

"Selecta kapasitas maksimal 10.000 (orang), sekarang yang diperbolehkan karena berada Level 2 yakni 75 persen atau 7.500 pengunjung, kalau lebih dari itu kita tolak," ujarnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com