Kompas.com - 30/04/2022, 21:05 WIB

KOMPAS.com - Waktu libur Lebaran bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata. Libur Lebaran menjadi istimewa karena umumnya menjadi momen berkumpulnya anggota keluarga.

Jika kamu berada di Yogyakarta, libur Lebaran dapat diisi dengan mengunjungi pantai. Deretan pantai selatan di Yogyakarta menjadi favorit wisatawan karena menyajikan panorama air laut yang sayang dilewatkan.

Namun, perlu diperhatikan ada sejumlah pantai di Kota Gudeg dengan medan ekstrem, sehingga kurang cocok sebagai lokasi libur Lebaran bersama keluarga.

Berikut 13 tempat wisata pantai di Yogyakarta yang pas dikunjungi saat libur Lebaran 2022.

Baca juga: Ditipu Oknum Pelaku Wisata di Yogyakarta, Hubungi Nomor Aduan Ini

1. Pantai Parangtritis 

Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon Yogyakarta. 

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (12/01/2022), obyek wisata ini dikelilingi tebing batu karang dan gunung-gunung pasir yang disebut gumuk. Wisatawan yang berkunjung bisa menyewa ATV atau menaiki delman di sepanjang pinggiran pantai.

Waktu yang tepat berkunjung ke Pantai Parangtritis adalah sore hari, sehingga kamu bisa menyaksikan panorama sunset (matahari terbenam) di pantai ini. Lokasinya berada di Desa Parangtritis, Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul.

Baca juga: 8 Wisata Yogyakarta Baru yang Bisa Dikunjungi Saat Lebaran 2022

2. Pantai Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, YogyakartaShutterstock Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Wisatawan tentunya sudah familiar dengan obyek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang menawarkan pengalaman bermain di gundukan pasir. 

Tak salah lagi, lokasinya berada di Pantai Parangkusumo, tak jauh dari Pantai Parangtritis. Dikutip dari situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, pantai ini dikelilingi dengan gumuk pasir yang hanya ada tiga di Asia Tenggara, selain di Filipina dan Vietnam. 

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo berada sekitar 700 meter dari pantai. Kamu bisa membuat libur Lebaran makin seru dengan menjajal olahraga sandboarding

Masyarakat sekitar telah menyediakan penyewaan papan luncur lengkap dengan helm dan pelindung siku. Jika kamu tidak ingin mencoba olahraga ekstrem, Gumuk Pasir Parangkusumo ini juga menawarkan spot foto Instagramable

Baca juga: 4 Fakta Menarik tentang Gumuk Pasir Parangkusumo

3. Pantai Indrayanti 

Pantai Pulang Sawal atau juga dikenal dengan Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Pantai Pulang Sawal atau juga dikenal dengan Pantai Indrayanti di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kabupaten Gunungkidul merupakan surganya pantai-pantai di Yogyakarta. Salah satu pantai di Gunungkidul yang populer adalah Pantai Indrayanti

Berdasarkan laman resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Indrayanti terkenal akan pasir putihnya yang membentang di sepanjang garis pantai. 

Selain itu, fasilitas di Pantai Indrayanti terbilang lengkap, mulai dari restoran, penginapan atau homestay, musala, lahan parkir, hingga toko suvenir. Jadi, pantai ini cocok sebagai tempat libur Lebaran bersama keluarga. 

Pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan menyewa jetski di Pantai Indrayanti. 

4. Pantai Drini 

Pantai Drini merupakan salah satu pantai di Gunungkidul yang unik. Keunikan pantai ini adalah keberadaan pulau kecil di tengah laut yang membagi pantai menjadi dua bagian. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Sabtu (09/02/2019), sisi barat merupakan tempat sandar perahu-perahu nelayan dan tempat pelelangan ikan. Sedangkan, sebelah timur merupakan lokasi wisata yang menawarkan pemandangan pasir putih dan perbukitan.

Fasilitas di pantai ini sudah cukup memadai bagi wisatawan, di antaranya restoran, toko oleh-oleh, dan area parkir.

Selain menikmati panorama pantai, pengunjung bisa menjajal aktivitas mendayung kano, snorkeling, dan mendaki tebing. 

Baca juga: Yuk Bermain Kano di Pantai Drini...

 

5. Pantai Baron

Kawasan Pantai Baron, Gunungkidul.KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Kawasan Pantai Baron, Gunungkidul.

Tak jauh dari Pantai Drini, wisatawan bisa mengunjungi Pantai Baron. Daya tarik pantai ini ada di pertemuan antara air laut dan air sungai yang bermuara di Pantai Baron. 

Ada dua barisan batu karang yang mengepit Pantai Baron di kedua sisinya. Batuan tersebut menahan ganasnya gelombang laut selatan yang bergulung ke tepi pantai. 

Terdapat kompleks mercusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang.

Fasilitas di Pantai Baron juga cukup memadai, antara lain tempat kuliner, toko cendera mata, area parkir, dan tempat bermain anak.

Baca juga:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.