Kompas.com - 30/04/2022, 23:04 WIB

DAMPEK, KOMPAS.com - Nanga Lirang adalah nama sebuah pantai di sebelah utara Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lokasi pantai tersebut ada di Desa Satar Padut, Kecamatan Lambaleda Utara (Laut), sekaligus terpanjang di wilayah pantai utara (pantura). Bahkan, letaknya tak jauh dari Jalan raya Transflores Pantai Utara.

Adapun warga Dampek menamai pantai ini Pantai Nanga Lirang.

Baca juga:

Siapapun yang menyebutkan Pantai Nanga Lirang pasti menyebut Dampek, Ibukota Kecamatan Lambaleda Utara. Sebelum kecamatan ini dimekarkan menjadi Kecamatan Lambaleda Utara, masyarakat kerap menyebut Dampek.

Sebagai informasi, Dampek berada di pesisir pantai utara.

Baca juga: Syarat Wisata ke Taman Nasional Komodo NTT, Wajib Punya Surat Sehat

Dua wisatawan lokal, Albertus Nandul dan Andreas Mariano, dari bagian selatan Manggarai Timur mengunjungi pantai ini di sela-sela aktivitas mereka di Kota Dampek.

"Kami pertama kali mengunjungi pantai ini. Kami bersyukur dipandu oleh seorang guru di Kota Dampek," kata keduanya kepada Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Sisi timur dan barat, lanjut mereka, pantai ini sangat panjang dan luas. 

Baca juga: Ada Bus Gratis Layani Rute Kota Kupang-Pantai Liman PP di NTT

Cocok sebagai tempat berakhir pekan

Keindahan Nanga Lirang, Desa Satar Padut, Kec. Lambaleda Utara, Kab. Manggarai Timur, NTT, Jumat, (29/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Keindahan Nanga Lirang, Desa Satar Padut, Kec. Lambaleda Utara, Kab. Manggarai Timur, NTT, Jumat, (29/4/2022). (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Menurut Albertus dan Andreas, pantai ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berakhir pekan sambil melepas penat. 

"Kami datang dari bagian selatan dari Manggarai Timur untuk mengunjungi keluarga di Kota Dampek. Keluarga menginformasikan keindahan pantai Nanga Lirang. Berkat informasi dari keluarga dan kami mengunjungi pantai tersebut. Dan benar bahwa keindahan pantai ini sangat memanjakan bagi para pengunjung," jelas keduanya.

Baca juga:

Tidak hanya itu, di sebelah tanjung dari Pantai Nanga Lirang, ada juga pantai pasir putih bernama Laing Lewe. Kata "laing" artinya pasir dan "lewe" artinya panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.