Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMII Buka Saat Libur Lebaran, Mulai 30 April

Kompas.com - 01/05/2022, 04:36 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibuka secara terbatas untuk menyambut momentum libur lebaran 2022, mulai Sabtu (30/04/2022) hingga Minggu (08/05/2022).

Adapun destinasi wisata yang berada di Jakarta Timur ini masih dalam tahap revitalisasi dan sebelumnya sempat ditutup pada 11-29 April untuk renovasi.

Baca juga: TMII Tutup Sementara 11-29 April 2022, Ini Sebabnya

TMII bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu libur lebaran 2022, terutama bagi yang tidak melakukan perjalanan mudik.

"Untuk masyarakat Indonesia yang tidak mudik, masyarakat Jakarta yang ada di Jabodetabek, Taman Mini ini merupakan destinasi wisata favorit dan memiliki track record yang cukup eksis dengan kunjungan yang sangat tinggi”.

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Menparekraf menilai, meski kawasan TMII masih dalam proses revitalisasi, namun kesiapan pengelola untuk membuka secara terbatas TMII selama libur lebaran sudah cukup baik. 

"Saya sudah memantau protokol untuk e-ticket, juga scan QR code, protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan semuanya,” kata Menparekraf.

Baca juga: Harga Tiket Masuk TMII Dijanjikan Tidak Naik Setelah Revitalisasi

Kuota dan jam operasional TMII saat libur lebaran

Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan, dalam operasional terbatas ini TMII menetapkan pembatasan kuota pengunjung 25 persen atau sekitar 15.000 orang per hari.

Adapun jam operasional TMII yaitu pukul 06.00 – 17.00 WIB. 

Burung pelikan yang bisa dihampiri dan dilihat oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).kompas.com / Nabilla Ramadhian Burung pelikan yang bisa dihampiri dan dilihat oleh wisatawan saat berkunjung ke Taman Burung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).

Namun, tak semua wahana beroperasi pada pembukaan kali ini. Hanya ada 11 wahana yang akan beroperasi selama periode libur lebaran 2022.

"Dalam menyambut libur lebaran kali ini akan ada 11 wahana yang dibuka, seperti Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Kereta Gantung, Taman Legenda Keong Emas, Skyworld, PP IPTEK, SS Waterpark, Istana Anak-Anak Indonesia, Museum, dan Anjungan Daerah,” ujarnya.

Baca juga:

Lebih lanjut, untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pengelola TMII akan menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan. 

"Karena sebagian besar pedestrian masih belum selesai. Mudah-mudahan ini bisa memberikan kemudahan dan rasa berlibur yang aman dan lancar bagi wisatawan," pungkas I Gusti Putu Ngurah Sedana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com