Kompas.com - 02/05/2022, 09:56 WIB

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan shalat Id di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Senin (2/5/2022).

Dilansir dari Kompas.com, Senin, Presiden Jokowi terlihat memakai kemeja putih dan peci, serta melaksanakan shalat di halaman istana.

Sebelumnya, kabar terkait lokasi shalat Id Presiden disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

"Presiden Shalat Id di Istana Kepresidenan Yogyakarta," ujar Heru, dikutip dari Kompas.com, Senin.

Berikut beberapa fakta seputar Istana Kepresidenan Yogyakarta, atau dikenal juga sebagai Gedung Agung Yogyakarta atau Gedung Negara, yang Kompas.com rangkum dari berbagai sumber:

Istana Kepresidenan Yogyakarta terletak di pusat keramaian

Istana Kepresidenan Yogyakarta berlokasi di titik keramaian Kota Gudeg, yakni dekat Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Museum Benteng Vredeburg, dan Malioboro. 

Alamatnya di Jalan Ahmad Yani, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Jaraknya dari Bandara Adisutjipto, misalnya, adalah 10 kilometer (km) dengan waktu tempuh hampir 30 menit.

Kompleks istana ini berada di ketinggian 120 meter di atas permukaan laut (mdpl), serta luas lahannya adalah 43.585 meter persegi. Gedung ini dibangun pada Mei 1824 atau ketika penjajahan Belanda. 

Berdasarkan laman resmi situs web Kementerian Sekretariat Negara, pembangunan gedung ini dicetus oleh seorang residen Belanda bernama Anthonie Hendriks Smissaer, dengan arsitek bernama A Payen. Dulunya bangunan ini merupakan kediaman residen Belanda. 

Terdapat beberapa wisma di kompleks ini, di antaranya Wisma Negara, Wisma Indraprasta, Wisma Sawojajar, Wisma Bumiratawu, dan Wisma Saptapratala, dilansir dari laman Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada juga dua patung Dwarapala yang disebut Gupala setinggi dua meter di Pintu Gerbang Utama, serta monumen batu andesit bernama Dagoba atau Tugu Lilin setinggi 3,5 meter di depan Gedung Induk.

Baca juga: 13 Wisata Pantai Yogyakarta, Pas Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2022

Asal usul nama Gedung Agung Yogyakarta

Mengapa nama Istana Kepresidenan Yogyakarta dikenal juga sebagai Gedung Agung? 

Salah satu fungsi bangunan ini adalah sebagai tempat penerimaan tamu-tamu agung. Tercatat ada banyak tokoh-tokoh penting dari luar negeri yang singgah atau bahkan menginap di istana ini. 

Adapun tujuan mereka pun beragam, mulai dari tugas kenegaraan hingga mengunjungi tempat-tempat wisata di Yogyakarta.

Baca juga: 8 Wisata Yogyakarta Baru yang Bisa Dikunjungi Saat Lebaran 2022

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.