Kompas.com - 02/05/2022, 14:02 WIB
Danau Ronggojalu Kompas.com/Wasti Samaria SimangunsongDanau Ronggojalu

KOMPAS.com - Perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022 sampai di Kabupaten Probolinggo pada Selasa (26/4/2022). Tim mendapat info bahwa di sana ada Danau Ronggojalu dengan air yang jernih.

Ingin membuktikan jernihnya air Danau Ronggojalu, tim Merapah Trans-Jawa 2022 menggunakan Suzuki XL 7 menyusur ruas tol hingga berakhir di jalan setapak, Desa Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Perjalanan yang ditempuh adalah sekitar 16 menit dari Gerbang Tol Probolinggo Timur, melewati Jalan Raya Leces, menuju Desa Tegalsiwalan.

Baca juga: Jalan Utama Nontol Jawa Timur Magetan-Probolinggo yang Harus Diwaspadai Pemudik

Sempat kebingungan lantaran ruas jalan makin mengecil, tidak beraspal, dan hanya muat dilewati satu mobil saja, tim Merapah Trans-Jawa 2022 tiba juga di tujuan setelah diberi tahu warga Desa Tegalsiwalan.

Danau Ronggojalu di Probolinggo merupakan salah satu tempat wisata dengan panorama bawah airnya yang jernih.

Di samping sebagai tempat wisata, danau ini ternyata juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga penduduk setempat.

"Di bawah danau ada pipanya persis langsung ke mata air, menyedot air, difungsikan untuk PDAM Kota dan Kabupaten, " kata pengurus Danau Ronggojalu bernama Kholik, kepada Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Songa Rafting di Probolinggo, Indahnya Alam hingga Pemandangan Goa Kelelawar

Tersedia pula kolam renang bagi anak-anak yang pada saat itu sedang dalam proses pembersihan jelang Hari Raya Idul Fitri, akibat masuknya lumpur pasca-hujan deras yang melanda desa.

Sejarah nama Ronggojalu

Ronggojalu diambil dari kisah Ki Ronggo dan Ki Jalu. Konon, pada zaman dahulu, Ki Ronggo dan Ki Jalu yang berteman dekat terlibat perselisihan perebutan kekuasaan.

Ki Ronggo bukanlah sosok yang taat beribadah, tetapi dirinya sangat kuat. Berbanding terbalik dengan Ki Jalu yang taat sekali beribadah, tapi kekuatannya lemah.

Pipa penyedot air Danau Ronggojalu untuk keperluan PDAMKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Pipa penyedot air Danau Ronggojalu untuk keperluan PDAM

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.