Kompas.com - 02/05/2022, 16:44 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Libur lebaran yang sudah dimulai sejak pekan lalu berdampak pada kenaikan jumlah kunjungan ke kawasan wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kasi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Markus Purnomo Adi menyampaikan, dari data kunjungan 25 April sampai 1 Mei 2022 jumlah kunjungan mencapai 11.701 wisatawan.

Baca juga: Antisipasi Pelaku Usaha Nuthuk Harga, Bantul Siapkan Langkah Ini

Adapun kunjungan tertinggi dalah pada 29 dan 30 April 2022, yakni 8.256 wisatawan atau naik 79 persen dibandingkan akhir pekan lalu.

"Kenaikan ini karena arus mudik dan ada kebijakan diperbolehkannya cuti sebelum lebaran," kata Markus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (02/05/2022).

Kendati demikian, secara keseluruhan kunjungan pada April 2022 mengalami penurunan 76 persen dibandingkan bulan Maret 2022 lalu karena bulan puasa.

Namun, kunjungan berangsur normal saat libur lebaran ini.

Pihaknya juga mempersilakan kawasan wisata di Bantul menggelar pertunjukan atau hiburan selama tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Meski aktivitas wisata dapat menjadi magnet kunjungan wisata, namun pengelola diharapkan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Jika menggelar atraksi tetap mengedepankan protokol kesehatan," kata Ipung.

Baca juga:

Adapun Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul menargetkan kunjungan wisata saat libur lebaran dapat mencapai 150.000 wisatawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.