Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafalgar Square London Kembali Gelar Perayaan Idul Fitri pada 7 Mei

Kompas.com - 02/05/2022, 19:53 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Trafalgar Square atau Alun-alun Kota London akan kembali menggelar perayaan Idul Fitri, setelah sebelumnya absen dua tahun karena pandemi Covid-19.

Melansir situs pemerintah Kota London, acara ramah keluarga tersebut akan dilaksanakan Sabtu (07/05/2022) sejak siang hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Ini adalah perayaan ke-17 yang diselenggarakan di lokasi tersebut dan akan menampilkan seni, budaya, dan komedi yang terinspirasi dari Islam, serta pertunjukan kontemporer dan tradisional di panggung utama.

Baca juga: Pengalaman Puasa di London, Ada Bukber di Lokasi Ikonik

Di samping itu, akan ada pula gerai-gerai makanan yang menyediakan menu kuliner dari berbagai negara.

"Saya sangat bersemangat kembali menggelar Idul Fitri di Alun-alun (Kota London) setelah tidak melakukannya selama dua tahun."

"Merayakan akhir bulan Ramadhan bersama warga London dan para pengunjung dari segala latar belakang menunjukkan kekuatan terbesar London, yakni keberagaman," ujar Wali Kota London, Sadiq Khan, seperti dikutip Kompas.com dari situs pemerintah Kota London.

Baca juga: 5 Tempat Populer di London, Wajib Mampir Saat Liburan ke Inggris

Jelang perayaan, untuk pertama kalinya Lastminute.com London Eye akan diterangi untuk menandai Idul Fitri. Atraksi tersebut akan diterangi oleh tampilan cahaya bulan sabit khusus yang dimulai sejak Senin (05/02/2022) pukul 19.25 waktu setempat.

Akan ada pula serangkaian aktivitas ramah keluarga, seperti kaligrafi, storytelling, face painting, dan beragam aktivitas olahraga.

Trafalgar Square, London, Inggris.WIKIMEDIA COMMONS/DILIFF Trafalgar Square, London, Inggris.

Kembalinya perayaan Idul Fitri di Alun-alun Kota London disambut positif oleh sejumlah warga. Termasuk Nadia Atmaji, salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang selama tujuh bulan terakhir menetap di London untuk melanjutkan studi S2.

Pertama kali menjalani Ramadhan dan lebaran di London membuatnya merasa acara seperti itu menghadirkan suasana hangat bagi para muslim di London.

Baca juga: Jalan-jalan ke Inggris, Jangan Lupakan 9 Hal ini

Ia merasakan kehadiran komunitas muslim yang cukup kuat di London.

"Ini (Trafalgar Square) salah satu tempat atraksi wisata dan historis terkenal, itu akan dibuka untuk perayaan Idul Fitri. Ada stand makanan, bisa bersilahturahmi di sana."

"Itu adalah suasana yang sangat hangat tentunya," ucap Nadia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com