Kompas.com - 03/05/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com – Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ternyata punya satu situs sejarah perjuangan salah satu pahlawan nasional. 

Lokasi situs sejarah itu ada di Gunung Gambar yang menjadi petilasan Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa.

Gunung Gambar tepatnya berada di Kecamatan atau Kepanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY.

Baca juga: Libur Lebaran, Gunungkidul Targetkan Kedatangan 150.000 Pengunjung

Dari Kantor Kepanewon Ngawen, jarak tempuh menuju Gunung Gambar adalah sekitar 5,6 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit.

Pertapaan Pangeran Sambernyawa

Gunung Gambar memang menyuguhkan keindahan panorama alam dari ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Namun, tempat ini merupakan situs pertapaan Pangeran Sambernyawa saat berjuang melawan VOC.

Sebagai informasi, Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa merupakan penguasa pertama Mangkunegaran atau Mangkunegara I.

“Dulu di sini sebelum Raden Mas Said datang, namanya Alas (Hutan) Gempol,” kata warga yang juga pengelola Gunung Gambar bernama Parman kepada Kompas.com, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Upaya Pengelola Gunung Ireng di Gunungkidul Tarik Wisatawan Setelah 2 Tahun Sepi

Ia melanjutkan, Pangeran Sambernyawa kemudian datang dan melakukan meditasi di sana saat bergerilya melawan VOC.

“Di sinilah Pangeran Sambernyawa mendapat gambaran rute perjuangan melawan VOC, makanya dinamai Gunung Gambar,” ujar Parman.

Petilasan Pangeran Sambernyawa di Gunung Gambar Gunungkidul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Petilasan Pangeran Sambernyawa di Gunung Gambar Gunungkidul.

Adapun terdapat bendera Mangkunegaran di lokasi pertapaan Pangeran Sambernyawa. Konon, bekas tempat ia duduk dan jejak kakinya masih ada sampai sekarang.

Kompas.com tidak mengeksplor sampai lokasi pertapaan saat itu karena jalan sangat berlumut dan licin.

Baca juga: Pariwisata Gunungkidul Yogyakarta Diklaim Mulai Pulih

Selain petilasan Pangeran Sambernyawa, ternyata ada satu petilasan lagi di Gunung Gambar, yakni Petilasan Eyang Gading Mas dari Kerajaan Majapahit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.