Kompas.com - 04/05/2022, 12:06 WIB
Pantai Glagah Kulon Progo tahun 2019. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPantai Glagah Kulon Progo tahun 2019.

KULON PROGO, KOMPAS.com – Pada hari kedua Lebaran 2022, kunjungan ke tempat wisata pantai di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meningkat drastis.

Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Glagah mencatat ada 11.636 pengunjung pada Selasa (3/5/2022).

Bahkan, angka kunjungan dinilai lebih tinggi dibanding catatan harian tahun 2021. Pada periode lebaran tahun 2021, tercatat 11.171 pengunjung pada Minggu (16/5/2021).

Tahun ini, jumlah pengunjung harian diprediksi bisa lebih meningkat lagi lantaran belum memasukki masa puncak.

“Bisa lebih tinggi lagi. (Hal ini) kalau melihat periode sebelumnya pada hari kedua Lebaran dan hari ketiga Lebaran selalu meningkat,” kata Koordinator TPR Pantai Glagah, Agus Subiyanto, via sambungan telepon, Selasa.

Agus memperkirakan pengunjung masih akan membludak hingga akhir pekan.

Tidak hanya catatan harian, total kunjungan wisatawan selama periode Lebaran tahun ini diperkirakan akan lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Adapun kegiatan piknik menjadi agenda pemudik setelah tiba di kampung halaman, dan -pantai menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama bila tiba di Kulon Progo.

Baca juga:

Kunjungan Pantai Glagah meningkat drastis di Lebaran hari ke-2 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tampak petugas Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo terus memantau berbagai titik lokasi pantai wisata.KOMPAS.COM/DANI JULIUS Kunjungan Pantai Glagah meningkat drastis di Lebaran hari ke-2 di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tampak petugas Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulon Progo terus memantau berbagai titik lokasi pantai wisata.

Pantai Glagah dinilai menarik karena memiliki pasir hitam, garis pantai yang panjang, ada area permainan yang banyak, dan laguna.

Agus menerangkan, beberapa wahana baru semakin menarik pengunjung, di antaranya instalasi patung dan beberapa permainan baru.

“Lebih variatif sehingga banyak pilihan,” tuturnya. 

Kehidupan pariwisata yang kembali normal, menurut Agus, sudah ditunggu semua pelaku wisata di Pantai Glagah. Sebanyak 400 orang, baik pedagang makanan, minuman, oleh-oleh, dan wahana menanti kedatangan pengunjung pada hari raya ini.

“Kami sangat senang. Kami antusias, karena sebelumnya semua (pelaku wisata) sulit,” ujarnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.