Kompas.com - 06/05/2022, 07:02 WIB

BORONG, KOMPAS.com - Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur menyuguhkan keindahan alam yang menarik untuk dieksplorasi lebih jauh, termasuk bagi pencinta wisata pantai.

Setidaknya, ada 12 pantai di Manggarai Timur yang berlokasi di bagian selatan dan utara kabupaten tersebut, yang dapat kamu kunjungi.

Baca juga: 5 Air Terjun Unik di Manggarai Timur NTT, Ada yang Punya Sarang Walet

Banyak di antaranya yang masih sangat asri dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Ada beberapa alasan yang membuat pantai-pantai tersebut belum dapat dikembangkan secara optimal, misalnya tempatnya yang belum terkelola dengan maksimal atau aksesnya yang masih minim.

Selama ini, destinasi wisata pantai di Manggarai Timur masih lebih banyak dikenalkan secara mandiri oleh masyarakat melalui media sosial, sehingga jangkauannya sangat terbatas.

Baca juga: Goa Alam di Manggarai Timur, Tidak Kalah Indah dari Goa Pindul Yogyakarta

Jika sedang mengunjungi Manggarai Timur dan penasaran dengan pantai-pantainya yang cantik, berikut beberapa rekomendasi pantai yang bisa kamu kunjungi:

Wisata Pantai di selatan Manggarai Timur

1. Pantai Mbolata

Pantai Mbolata di Kelurahan Watunggene, Kec. Kota Komba, Kab. Manggarai Timur, NTT, Minggu, (10/4/2022) mulai dikunjungi wisatawan lokal dan domestik. Pantai Mbolata diapit oleh Gunung Komba disisi barat dan Gununu Inerie disisi Timurnya. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Pantai Mbolata di Kelurahan Watunggene, Kec. Kota Komba, Kab. Manggarai Timur, NTT, Minggu, (10/4/2022) mulai dikunjungi wisatawan lokal dan domestik. Pantai Mbolata diapit oleh Gunung Komba disisi barat dan Gununu Inerie disisi Timurnya. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

Pantai Mbolata terletak di pesisir selatan dari Kabupaten Manggarai Timur. Pantai ini berada di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba.

Lokasinya tidak jauh dari Jalan Trans Flores Maumere-Ende-Boawae, Nagekeo-Bajawa-Waelengga-Borong-Ruteng-Labuan Bajo.

Sebelum pandemi Covid-19, pantai ini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Kini, Pantai Mbolata mulai kembali dikunjungi oleh orang lokal dan wisatawan nusantara. Namun, terpantau belum ada wisatawan mancanegara yang berkunjung.

Baca juga: Pantai Mbolata di Manggarai Timur, Lihat Indahnya Gunung Komba dan Inerie

Deburan ombak menyentuh bibir pantai menambahkan eksotisme Pantai Mbolata. Garis pantainya juga sangat panjang dan luas.

Dari pantai Mbolata, kamu juga bisa melihat gunung Komba di bagian barat dan gunung Inerie di bagian Timur.

Dari pantai ini, kamu bisa menyaksikan matahari terbit sekaligus matahari terbenam di bagian barat.

2. Pantai Pasir Padang Mausui

Kuda-kuda berlarian di Padang Sabana Mausui, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Kuda-kuda berlarian di Padang Sabana Mausui, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Tak jauh dari pantai Mbolata, ada juga Pantai Pasir Putih Padang Mausui. Selain menikmati keindahan pantai berpasir putih, wisatawan juga melihat padang terluas di bagian selatan dan ternak milik warga setempat.

Padang ini biasa dipakai untuk syuting video klip dari para musisi Manggarai Timur.

Baca juga: Mengagumi Keindahan Padang Sabana Mausui di Flores

3. Pantai Nangarawa

Bergeser lagi ke sisi barat, kamu bisa menemukan Panta Nangarawa dengan pasir putihnya.

Pantai ini berlokasi di Desa Bamo, Kecamatan Kota Komba. Desa Bamo sudah ditetapkan menjadi salah satu Desa Wisata di Manggarai Timur.

Wisatawan lokal kerap menghabiskan waktu akhir pekannya di sini untuk berwisata di pantai sekaligus menikmati luasnya kawasan Laut Sawu.

Baca juga: River Tubing di Manggarai Timur NTT, Rasakan Sejuknya Air dan Alam Asri

Bebatuan yang penuh lumut warna hijau menambahkan keindahan pantai tersebut. Pantai ini tak jauh dari jalan Trans Flores bagian selatan dan tengah dari Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.