Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Gratis Layani Arus Balik Lebaran untuk Sepeda Motor, Ini Syaratnya

Kompas.com - 06/05/2022, 10:29 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt Mugen S. Sartoto, mengajak masyarakat, khususnya warga Surabaya dan Semarang, untuk memanfaatkan program arus balik Lebaran bagi pengendara sepeda motor naik kapal laut gratis.

Program ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya, yaitu mudik sepeda motor dengan kapal laut secara gratis.

"Bagi pemilik sepeda motor yang akan arus balik lebih baik ikut kapal gratis, selain dapat menghindari kemacetan lalu lintas jalan raya juga dapat meningkatkan keselamatan perjalanan," ujar Capt Mugen dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Kamis (5/5/2022).

Capt Mugen mengungkapkan, armada kapal yang digunakan untuk arus balik ini masih sama dengan yang dipakai saat arus mudik, yaitu KM Dobonsolo dan KM Ciremai.

Baca juga:

Syarat naik kapal gratis untuk sepeda motor saat arus balik Lebaran

Berikut syarat dan ketentuan untuk naik kapal gratis bagi pengemudi sepeda motor saat arus balik Lebaran. Syaratnya masih serupa dengan ketentuan mudik gratis, yaitu:

  1. Membawa dokumen KTP dan KK (Kartu Keluarga).
  2. Peserta sudah divaksinasi Covid-19 dosis lengkap, termasuk booster.
  3. Bila baru divaksinasi dua dosis, wajib membawa hasil negatif tes antigen yang berlaku 1x24 jam, atau hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  4. Bila baru mendapat vaksin dosis pertama, wajib membawa hasil negatif tes PCR yang berlaku 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  5. Calon peserta yang memiliki kondisi khusus sehingga tidak bisa divaksinasi, saat keberangkatan harap membawa hasil negatif tes PCR 3X24 jam, dan surat keterangan rumah sakit pemerintah bahwa yang bersangkutan belum, atau tidak dapat melakukan vaksinasi Covid-19.
  6. Wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi, atau membawa kartu vaksinasi lengkap (dua kali vaksin dan satu kali booster).

Baca juga: 15 Tempat Wisata Lintas Selatan Jawa, Bisa Mampir Saat Mudik Lebaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com