Kompas.com - 07/05/2022, 10:04 WIB
Ilustrasi pesawat - Salah satu pesawat dari maskapai penerbangan Citilink. dok. CitilinkIlustrasi pesawat - Salah satu pesawat dari maskapai penerbangan Citilink.

KOMPAS.com - Sekitar 51.000 penumpang diperkirakan akan naik maskapai Garuda Indonesia dan Citilink pada puncak arus balik Lebaran 2022, tepatnya pada Minggu (8/5/2022).

Sementara itu, total jumlah penumpang yang terbang pada periode arus balik dari tanggal 4 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022 mendatang diperkirakan akan mencapai 267.000 penumpang.

Perkiraan tersebut tentunya akan terus bergerak sejalan dengan perpanjangan periode libur sekolah hingga 12 Mei 2022 yang telah diumumkan Pemerintah.

"Adapun puncak arus balik Lebaran kami perkirakan akan berlangsung tanggal 8 Mei 2022, yang mana pada hari tersebut, Garuda Indonesia Group akan melayani sedikitnya 341 penerbangan, mengangkut sebanyak 51.323 penumpang pada puncak arus balik tersebut,” jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (6/5/2022).

Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia.
SHUTTERSTOCK/CESC_ASSAWIN Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia.

Irfan menyampaikan, apabila terjadi peningkatan penumpang pada periode perpanjangan libur sekolah, pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif.

“Garuda Indonesia terus mengoptimalkan kapasitas layanan penerbangan, salah satunya dilakukan melalui penambahan frekuensi maupun pengoperasian bigger aircraft (pesawat berbadan besar) di sejumlah rute yang tinggi peminat seperti Kualanamu - Jakarta, Padang - Jakarta, Pekanbaru - Jakarta hingga Surabaya - Jakarta," tuturnya.

Selain itu, Garuda Indonesia juga terus mengoptimalkan isian penumpang untuk rute outbound Jakarta menuju Denpasar maupun sebaliknya.

Dengan rata rata tingkat isian penumpang mencapai lebih dari 85 persen pada tiap penerbangan, Irfan mengimbau masyarakat untuk lebih cermat dalam merencanakan perjalanannya dalam periode arus balik ini.

Hal ini karena tren pergerakan penumpang pada arus balik, diperkirakan masih berlangsung hingga tanggal 16 Mei 2022 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.