Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cafe Tenda, Tempat Nongkrong Unik di Surabaya dengan Tenda Dome

Kompas.com - 07/05/2022, 12:04 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Surabaya punya banyak kafe unik yang menawarkan dekorasi hingga aneka pilihan makanan. Salah satunya, Cafe Tenda yang berlokasi di Jalan Raya Darmo Harapan I, Tanjungsari, Sukomanunggal, Surabaya.

Seperti bagian dari Jungle Group lainnya, kafe ini mengusung konsep full outdoor (luar ruangan), dengan puluhan tenda kerucut dan dome (kubah).

"Cafe Tenda berdiri Februari 2021 di masa pandemi, untuk memenuhi kebutuhan anak muda Surabaya yang ingin nongkrong dengan prinsip murah, enak, banyak, dan kenyang," kata Operational Manager Cafe Tenda Surabaya, Brandon, kepada Kompas.com, Senin (25/4/2022).

Baca juga:

Brandon menambahkan, saat awal berdiri, kafe ini hanya menyediakan camilan. Namun seiring waktu, permintaan untuk makanan berat pun berdatangan dari pengunjungnya.

"Orang Surabaya enggak suka kalau cuma makan makanan ringan saja, maunya nongkrong, makan murah, kenyang, barulah bergeser ke makanan berat," sambungnya.

Harga menu Cafe Tenda Surabaya

Cafe Tenda SurabayaKompas.com/Wasti Samaria Simangunspng Cafe Tenda Surabaya

Pengunjung tidak dikenakan biaya jika ingin masuk ke tempat ini. Begitu datang, hanya perlu memesan makanan atau minuman, lalu duduk bersantai.

"Datang aja, pesan, duduk santai, enggak ada tiket masuk," tutur Brandon.

Pemesanan bisa dilakukan dengan menukar uang terlebih dulu untuk mendapat vocer di kasir, barulah vocer nantinya ditukar kembali agar bisa memesan makanan.

Baca juga:

Bagi pengunjung yang ingin nongkrong di dalam tenda dome, harus belanja dengan minimal pembelian Rp 200.000. Satu tenda dome ini bisa diisi oleh lima sampai tujuh orang dewasa.

Sementara itu, untuk tenda berbentuk kerucut, bisa diisi oleh siapapun tanpa syarat minimal pembelian.

Harga menunya mulai dari Rp 15.000 untuk makanan, dan mulai dari Rp 7.000 untuk minuman.

Live music Cafe Tenda SurabayaKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Live music Cafe Tenda Surabaya

Di tempat ini, pengunjung juga akan ditemani live music dari penyanyi setempat dengan genre berbeda setiap harinya, mulai dari lagu '90-an hingga musik keroncong.

Pada hari biasa, Cafe Tenda beroperasi pukul 16.00 WIB-21.00 WIB, sedangkan saat akhir pekan, kafe akan buka pukul 16.00 WIB-22.00 WIB.

Baca juga:

"Cuma kita fleksibel juga, misal kita sudah tutup tapi tamu masih mau nongkrong, silakan. Nanti live music-nya paling kita ganti ke device dengan lagu-lagu soft," ujarnya.

Di sisi lain, Jungle Cafe Group sudah tersebar di beberapa kota di Jawa Timur, termasuk Jungle Cafe Trawas di Mojokerto, Cafe Tenda Surabaya, Jungle Camp Trawas, Jungle Cafe Bromo, Sehati Cafe Trawas, Bali Cafe Malang, dan Jungle Cafe Kediri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com