Kompas.com - 07/05/2022, 19:07 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke wisata di Kabupaten Sleman naik drastis pada hari ketiga Lebaran 2022. Diprediksi kunjungan wisatawan akan terus meningkat sampai Minggu (8/5/2022).

"Rata-rata pengelola wisata di Sleman melaporkan kenaikan kunjungan kisaran 16 persen sampai dengan 89 persen," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Suparmono dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/05/2022).

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang pada hari kedua Lebaran sebenyak 5.152. Pada hari ketiga Lebaran, kunjungan wisatawan menjadi 6.116 atau meningkat 16 persen.

Baca juga: Obyek Wisata di Sekitar Nawang Jagad Kaliurang, Ada Museum Gunungapi Merapi

Adapun kunjungan wisata ke Bhumi Merapi dan Obyek Wisata Alam (OWA) yang dikelola Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), yaitu Tlogo Muncar, Kalikuning Park, dan Plunyon meningkat 20 persen.

Rata-rata kunjungan wisata naik 20 persen atau dibawahnya, memang sudah tinggi pada angka awal kunjungannya.

Jumlah wisatawan melonjak di Kaliadem dan Candi Prambanan

Peningkatan signifikan terpantau di Kaliadem dari angka kunjungan 3.415 menjadi 5.797 wisatawan atau naik 70 persen.

Kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan juga naik drastis dari 11.626 menjadi 21.945 wisatawan atau naik 89 persen.

Bunker Kaliadem.TRIBUN JATENG/GALIH PERMADI Bunker Kaliadem.

Di Tebing Breksi, kunjungan wisata naik 67 persen, Waterpark Citra Grand naik 86 persen. Kemudian, di Studio Alam Gamplong kunjungan naik 62 persen, serta Jogja Eksotarium dan Sindu Kusuma Edupark (SKE) naik 35 persen.

Suparmono memprediksi angka kunjungan ke destinasi - destinasi wisata di Kabupaten Sleman akan terus meningkat.

Prediksi ini setelah melihat masih banyaknya kendaraan luar daerah yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain itu, tingkat hunian hotel di Sleman rata-rata masih penuh sampai 7 Mei 2022.

Baca juga: Sempat Tutup Akibat Erupsi Merapi, Bunker Kaliadem dan Kinahrejo Buka Lagi

"Walaupun sedikit akan terus meningkat sampai dengan hari minggu besok," ucapnya.

Suparmono melihat, letak Kabupaten Sleman berada di jalur strategis pada ruas jalan antarprovinsi memberikan keleluasaan bagi pelaku perjalanan arus balik mudik untuk mampir berwisata di Sleman.

"Saya yakin teman-teman pengelola tempat wisata mampu menangkap peluang serta menjaga konsistensi layanan terbaiknya bagi wisatawan," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.