Kompas.com - 08/05/2022, 17:05 WIB
Ilustrasi pekerja ShutterstockIlustrasi pekerja

KOMPAS.com - Tak terasa, libur panjang Lebaran 2022 telah usai. Masyarakat pun kembali ke rutinitas masing-masing termasuk bekerja. 

Hari pertama masuk kerja setelah libur panjang mungkin terasa berat bagi sebagian orang. Wajar saja, sebagian pekerja tidak bersemangat pada hari pertama kerja usai libur panjang.

Bahkan, sebagian orang justru mengalami stres usai libur panjang alih-alih badan dan pikiran menjadi segar. 

Baca juga: 7 Penyebab Stres Pasca-Liburan, Ada Makan Berlebihan

Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener menjelaskan, stres usai libur panjang biasanya disebabkan oleh padatnya aktivitas selama waktu libur. Alhasil, tubuh dan pikiran justru tidak mendapatkan istirahat yang cukup. 

“Kurangnya menggunakan waktu liburan untuk menikmati waktu istirahat karena padatnya aktivitas, justru tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang sebenarnya dibutuhkan,” kata dia kepada Kompas.com, Minggu (8/5/2022). 

Selain itu, faktor pemicu stres usai liburan lainnya adalah pengeluaran liburan yang membengkak dari alokasi anggaran dan efek dari paradoks liburan (holiday paradox). 

Baca juga: Awas Terjebak Stres Pasca-liburan, Ini 7 Cara Mengatasinya

Holiday paradox adalah perasaan yang muncul bahwa waktu liburan terasa berjalan lebih cepat, dibandingkan saat melakukan rutinitas di kantor atau di sekolah. 

“Tagihan membengkak di luar total bujet liburan merupakan efek dari impulsive spending (belanja yang tidak terencana) selama liburan,” imbunya. 

Samanta memberikan sejumlah tips agar semangat bekerja usai libur panjang, yakni sebagai berikut: 

1. Sediakan waktu istirahat 

Samanta menyarankan agar mereka yang habis liburan menyediakan waktu istirahat pascaliburan dan sebelum masuk kerja. Minimal, durasi waktu istirahat adalah satu hari penuh.  

Ilustrasi tidur tanpa bantal. SHUTTERSTOCK/ELIZAVETA GALITCKAIA Ilustrasi tidur tanpa bantal.

“Sediakan waktu untuk istirahat total sebelum mulai beraktivitas seperti sedia kala. Jangan terlalu padat beraktivitas dalam sehari karena waktu ini untuk berlibur. Artinyam menikmati liburannya, lebih menikmati kondisi saat ini,” jelasnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.