Kompas.com - 08/05/2022, 19:07 WIB
Ilustrasi Nusa Tenggara Timur - Danau Kelimutu. SHUTTERSTOCKIlustrasi Nusa Tenggara Timur - Danau Kelimutu.

ENDE, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Kelimutu (BTNK), Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencacat adanya peningkatan pendapatan selama libur Lebaran 2022.

Kepala BTNK Kabupaten Ende Hendrikus Rani Siga mengatakan, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) meningkat selama sepekan terakhir.

"PNBP Danau Kelimutu dari Minggu (1/5/2022) hingga Sabtu (7/5/ 2022) senilai Rp 107.427.500," kata Hendrikus kepada Kompas.com, Minggu (8/5/2022).

Baca juga: Kunjungan Turis ke Danau Kelimutu Naik Akibat Bebas Tes PCR dan Antigen

Menurutnya, meningkatnya pendapatan ini seiring dengan bertambahnya kunjungan ke Kelimutu.

Sejak 1 Mei 2022, terang dia, jumlah wisatawan nusantara (wisnus) mencapai 12.399 orang, sementara wisatawan mancanegara (wisman) 58 orang.

Hendrikus berujar bahwa meski baru sepekan, PNBP bulan Mei 2022 menunjukkan tren positif dibandingkan empat bulan sebelum.

Foto: Para wisatawan saat berkunjung ke Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT pada Selasa (3/5/2022).Serafinus Sandi Hayon Jehadu/Kompas.com Foto: Para wisatawan saat berkunjung ke Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT pada Selasa (3/5/2022).

"Sejak bulan Januari sampai April 2022, PNBP yang didapat BTN Kelimutu senilai Rp 160.393.000. Untuk total pendapatan sampai saat ini senilai Rp 267.820.500," terangnya.

Pihaknya pun optimistis pendapatan wisata danau tiga warna itu akan terus meningkat hingga akhir bulan.

Hendrikus juga ingatkan para wisatawan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes). Sebab, saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan Sunrise, Ini Waktu Terbaik Memotret Danau Tiga Warna Kelimutu

Selain itu, pengunjung diharapkan mengikuti arahan petugas, dan tidak melewati pagar yang ada.

Wisatawan lanjut dia, diharapkan agar membuang sampah pada tempat yang disediakan atau dibawa pulang sampah.

"Kita juga mengimbau agar pengunjung tidak melakukan vandalisme dan memperhatikan cuaca ketika berkunjung ke Kelimutu," pintanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.