Kompas.com - 08/05/2022, 19:31 WIB
Gembira Loka Zoo ShutterstockGembira Loka Zoo

YOGYAKARTA, KOMPAS.comKebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo (GL Zoo) telah dikunjungi 50.000 wisatawan sejak hari pertama Lebaran hingga Minggu (8/5/2022).

“Masa Lebaran kali ini memang kami perpanjang satu minggu karena pada minggu terakhir, ada long weekend dalam rangka libur Perayaan Waisak, selain libur sekolah dan ASN diperpanjang,” kata Manajer Marketing GL Zoo Yosi Hermawan kepada Kompas.com, Minggu.

Ia melanjutkan bahwa pada Lebaran hari pertama, GL Zoo dikunjungi 6.000 pengunjung. Lebaran hari kedua ada 11.000 pengunjung dan Lebaran hari ketiga merupakan puncak kunjungan, mencapai 12.400 pengunjung.

Baca juga: 5 Fakta Istana Kepresidenan Yogyakarta, Tempat Jokowi Shalat Id

“Jumlah tertinggi pengunjung selama masa pandemi Covid-19,” sebut Yosi.

Setelah puncak kunjungan, hari berikutnya kebun binatang tersebut hanya dikunjungi sekitar 6.000 pengunjung karena hari pendek pada Jumat.

Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.SHUTTERSTOCK / Ruben Nurdiasmanto Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Pada Sabtu (7/5/2022) angka pengunjung kembali naik mencapai 9.000 orang. Sedangkan Minggu (8/5/2022) hingga jam 13.00 siang jumlah pengunjung sudah sekitar 5.000 orang.

GL Zoo sampai tutup 30 menit

Saking banyaknya pengunujung pada hari kedua Lebaran 2022, Kebun Binatang Gembira Loka sampai-sampai harus tutup sementara 30 menit.

“Pada Lebaran hari kedua, kami sampai sempai melakukan penutupan selama 30 menit bagi calon pengunjung. Ini kami lakukan  karena saking banyaknya antrean. Kantung parkir di pintu timur dan barat juga sudah tidak ada daya tampung lagi,” jelas dia.

Baca juga: 8 Tempat Makan di Jogja Ini Punya Pemandangan Indah

Pada Lebaran kali ini, GL Zoo memperluas Zona Petting Zoo, di antaranya menambah wahana keledai tunggang, khusus bagi anak-anak.  

Selain itu kolam tangkap dan terapi ikan yang dibangun di lokasi  baru, sudah bisa dinikmati pengunjung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.