Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labuan Bajo Diserbu Wisatawan Saat Libur Lebaran, Agen Perjalanan Kewalahan

Kompas.com - 09/05/2022, 10:47 WIB
Nansianus Taris,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) naik drastis selama libur lebaran 2022.

Agen perjalanan yang ada di Labuan Bajo pun mengaku kewalahan menerima pesanan tamu.

Baca juga: Waterfront City Jadi Pilihan Wisata Sore Hari di Labuan Bajo

Ketua DPC Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Labuan Bajo, Ignas Sirajudin, mengatakan, peningkatan pemesanan tamu terjadi selama periode 27 April hingga 8 Mei 2022. Menurutnya, kunjungan per hari mencapai ribuan orang.

"Kami kewalahan baik guide, bus, mini bus, kapal, speed boat juga. Hotel juga penuh," kata Ignas di Labuan Bajo, Minggu (08/05/2022).

Saking penuhnya wisatawan, lanjut dia, agen perjalanan menganjurkan tamu untuk datang setelah 8 Mei 2022.

"Kami mohon pengertian tamu untuk reschedule, setelah 8 Mei, karena 27 April hinggal 8 Mei sudah penuh. Jumlah kunjungan per hari sekitar ribuan orang," ungkapnya.

Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.

Ia mengungkapkan, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, pariwisata Labuan Bajo sudah dan akan bangkit. Situasi ini cukup menumbuhkan optimisme bagi pariwisata Labuan Bajo.

Ignas menambahkan, naiknya angka kunjungan wisatawan terjadi setelah adanya pelonggaran syarat perjalanan yang dilakukan pemerintah.

Baca juga: Mudik 2022 Bebas Tes PCR dan Antigen, Simak Syarat Lengkapnya

"Kelonggaran ini sangat membantu sektor pariwisata terutama Labuan Bajo. Kami berharap pandemi segera berlalu, sehingga pariwisata Labuan Bajo kembali pulih seperti sebelumnya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com