Kompas.com - 09/05/2022, 10:47 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) naik drastis selama libur lebaran 2022.

Agen perjalanan yang ada di Labuan Bajo pun mengaku kewalahan menerima pesanan tamu.

Baca juga: Waterfront City Jadi Pilihan Wisata Sore Hari di Labuan Bajo

Ketua DPC Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Labuan Bajo, Ignas Sirajudin, mengatakan, peningkatan pemesanan tamu terjadi selama periode 27 April hingga 8 Mei 2022. Menurutnya, kunjungan per hari mencapai ribuan orang.

"Kami kewalahan baik guide, bus, mini bus, kapal, speed boat juga. Hotel juga penuh," kata Ignas di Labuan Bajo, Minggu (08/05/2022).

Saking penuhnya wisatawan, lanjut dia, agen perjalanan menganjurkan tamu untuk datang setelah 8 Mei 2022.

"Kami mohon pengertian tamu untuk reschedule, setelah 8 Mei, karena 27 April hinggal 8 Mei sudah penuh. Jumlah kunjungan per hari sekitar ribuan orang," ungkapnya.

Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.Kompas.com/Nansianus Taris Foto : Sunset di Labuan Bajo diambil dari Puncak Waringin, pada Kamis sore.

Ia mengungkapkan, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan, pariwisata Labuan Bajo sudah dan akan bangkit. Situasi ini cukup menumbuhkan optimisme bagi pariwisata Labuan Bajo.

Ignas menambahkan, naiknya angka kunjungan wisatawan terjadi setelah adanya pelonggaran syarat perjalanan yang dilakukan pemerintah.

Baca juga: Mudik 2022 Bebas Tes PCR dan Antigen, Simak Syarat Lengkapnya

"Kelonggaran ini sangat membantu sektor pariwisata terutama Labuan Bajo. Kami berharap pandemi segera berlalu, sehingga pariwisata Labuan Bajo kembali pulih seperti sebelumnya," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.