Kompas.com - 09/05/2022, 11:50 WIB

KOMPAS.com – Ada sejumlah frasa yang kerap disampaikan para awak kabin untuk berkomunikasi dengan sesama rekan kerja.

Salah satunya adalah kode "Tom Cruise". Meski mengacu pada nama aktor Hollywood, namun arti kode Tom Cruise tak ada kaitannya dengan sang selebritas, seperti dikutip Kompas.com dari The Sun, Minggu (08/05/2022). 

Baca juga: Kode Rahasia Jim Wilson Saat Naik Pesawat, Apa Artinya?

Seorang dokter sekaligus penulis soal dunia penerbangan, Ben McFarlane mengatakan bahwa kata “Tom Cruise” adalah sesuatu yang berbeda dan tidak ada arti yang glamor.

Aktor Tom Cruise saat menghadiri San Diego Comic Con International pada 2019.WIKIMEDIA COMMONS/GAGE SKIDMORE Aktor Tom Cruise saat menghadiri San Diego Comic Con International pada 2019.

Jika mendengar kalimat “Tom Cruise is on board (Tom Cruise ada di pesawat)”, artinya kru mengikuti posisi T dan C hari itu.

Tom atau tea (teh) ada di teko sebelah kiri kereta dorong. Sementara Cruise atau coffee (kopi) artinya teko ada di sebelah kanan.

"Sederhana saja," ujar Ben McFarlane.

Baca juga: Begini Cara Pramugari Tangani Penumpang yang Meninggal di Pesawat

Jadi, jika mendengar "Tom Cruise ada di pesawat", bukan berarti ia memang sedang berada di penerbangan yang sama denganmu.

Namun, perlu diingat bahwa tak semua pramugari atau awak kabin memiliki kode yang sama. Sehingga, kode ini mungkin tak bakal sering kamu dengar.

Halaman:
Sumber The Sun


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.