Kompas.com - 09/05/2022, 19:31 WIB
Lokasi Kejadian Ambrolnya Perosotan di Pantai Kenjeran Yang Menelan Belasan Korban KOMPAS.COM/MUCHLISLokasi Kejadian Ambrolnya Perosotan di Pantai Kenjeran Yang Menelan Belasan Korban

KOMPAS.com - Peristiwa ambruknya perosotan di taman wisata air Kenjeran Park (Kenpark) di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (7/5/2022), ditanggapi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Ia menilai bahwa insiden tersebut disebabkan karena keabaian pihak pengelola terhadap aspek keselamatan di tempat wisata.

Mengutip Kompas.com (8/5/2022), perosotan taman bermain itu ambrol dari ketinggian 10 meter dan menyebabkan 16 orang menjadi korban.

Baca juga: Masjid Muhammad Cheng Hoo Surabaya, Wujud Akulturasi Arab dan Tionghoa

Ia menjelaskan, dari segi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environtmental Sustainability), ada aspek safety (keselamatan) yang seharusnya dijaga.

"Nah, yang terjadi di Kenjeran Park atau Kenpark Surabaya tentunya adalah aspek CHSE yang belum diterapkan secara ketat dan disiplin," kata Sandiaga saat Weekly Press Briefing (WPB) virtual, Senin (9/5/2022).

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan mengirimkan surat edaran kepada setiap pengelola tempat wisata.

Hal itu dilakukan untuk memastikan keselamatan wisatawan saat saat mengunjungi tempat-tempat wisata.

"Jadi kami akan mengeluarkan surat edaran untuk setiap pengelola destinasi wisata agar memastikan melakukan inspeksi ulang agar Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), S-nya ini Safety, dan keberlanjutan lingkungan ini kembali diinspeksi ulang," tegas dia.

Baca juga: Menparekraf Targetkan 1,4 Juta Wisman Australia Berkunjung ke Bali

Kemudian, ia juga akan memastikan agar kunjungan dari wisatawan disesuaikan dengan kapasitas.

"Terutama jika ada aspek-aspek teknis yang selama ini tidak terlalu diperhatikan. Jadi ini akan kami tindaklanjuti dan kami akan bantu sosialisasi karena menjadi landasan dari penyelenggaran kegiatan wisata dan ekonomi kreatif," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.