Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Pergi ke Amerika Naik Garuda Indonesia yang Didesain Khusus

Kompas.com - 10/05/2022, 16:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia pada Selasa (10/5/2022), kembali mengantar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka kunjungan kerja (kunker) ke luar negeri.

Agendanya yakni kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-US di Washington DC, pada 12-13 Mei 2022 mendatang.

Adapun dalam penerbangan menuju Bandara Andrew Air Force Base di Washington DC, Jokowi menggunakan pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing B777-300ER.

Pesawat tersebut dilengkapi dengan livery atau corak khusus seperti pesawat kenegaraan, berupa kombinasi warna merah putih, yang disertai dengan lambang negara dan tulisan Republik Indonesia.

Baca juga:

"Penerbangan kenegaraan ini telah berangkat dengan lancar pada hari ini pukul 07.20 WIB pagi tadi. Kami akan terus berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk memastikan keseluruhan penerbangan kenegaraan ini berjalan dengan baik," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa.

Ia melanjutkan, penerbangan kenegaraan ini dilaksanakan melalui rangkaian persiapan operasional yang komprehensif dan koordinasi bersama para pemangku kepentingan.

"Ini guna memastikan seluruh aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan dapat terimplementasikan secara optimal," tambah Irfan.

Ia menjelaskan bahwa pengoperasian penerbangan kenegaraan tersebut menjadi manifestasi tersendiri bagi Garuda Indonesia dalam menjalankan mandat sebagai national flag carrier.

Khususnya, dalam mendukung penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan bagi agenda strategis kenegaraan.

Baca juga: Garuda Indonesia Group Prediksi Bawa 51.000 Orang pada Puncak Arus Balik 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com