Kompas.com - 10/05/2022, 19:07 WIB
Polisi mengatur lalu lintas di KM 32, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (6/4/2022) KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBOPolisi mengatur lalu lintas di KM 32, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (6/4/2022)

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Wisatawan meminta Pemerintah Provinsi Aceh memperbaiki jalan dan jembatan di Km 32 wisata Gunung Salak, Kabuaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Pasalnya, jembatan bailey ini dibangun dengan satu jalur dan tanpa perbaikan jalan sebelum dan sesudah jembatan. Di sini pula pusat kemacetan dari dan menuju Gunung Salak.

Padahal, setiap akhir pekan wisatawan menggunakan jalur ini untuk menuju Kabupaten Aceh Tengah. Sebaliknya, warga Aceh Tengah menggunakan jalur ini menuju Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh.

Baca juga: Jembatan di Tempat Wisata Gunung Salak Aceh Rampung, Hindari Lewat Saat Hujan

“Kita harap, ini menjadi perioritas Pemerintah Provinsi Aceh," kata Muammar, seorang wisatawan yang kerap melintas di kawasan itu kepada Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Menurut dia, sepanjang tiga kabupaten, yakni Aceh Utara, Bener Meriah, dan Aceh Tengah, semua memiliki tempat wisata yang mengharuskan pengunjung lewat jalan itu.

"Jalan ini statusnya jalan provinsi, sehingga harap diperhatikan oleh Pemerintah Aceh,” imbuh dia.

Baca juga: Masyarakat Berwisata Saat Libur Lebaran 2022, Jalan Lintas Aceh Utara-Aceh Tengah Macet

Dia menyebutkan bahwa jika tidak kunjung diperbaiki. ribuan orang akan selalu antre lewat jalan itu.

Kemacetan di kawasan Gunung Salak Aceh saat libur Lebaran 2022

Pada musim liburan Idul Fitri 2022, Polres Lhokseumawe terpaksa menggunakan sistem buka tutup untuk mengurai kemacetan.

“Semoga ini segera diperbaiki. Sudah setahun kondisinya begini, sampai kapan harus antre sampai berkilometer melewati jalan ini pada akhir pekan,” kata Muammar.

Polisi bersiaga di lokasi wisata Gunung Salak, Aceh Utara, Rabu (20/1/2021)KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Polisi bersiaga di lokasi wisata Gunung Salak, Aceh Utara, Rabu (20/1/2021)

Hal senada disebutkan Rizka Ning asal Kabupaten Aceh Tengah. Dia menyebutkan, bagi masyarakat Aceh Tengah jalur itu bukan sekadar untuk berwisata. Namun meringkas waktu untuk menuju ke Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Arus Balik 2022, Pesawat dari Aceh Utara ke Medan Terisi Penuh

“Kami harap ini bisa segera diperbaiki. Jalanan kalau pun tidak diaspal sebelum dan sesudah jembatan, minimal disemen saja dulu untuk sementara. Sehingga kendaraan mulus menanjak,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.