Kompas.com - 11/05/2022, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Indonesia tengah dilanda cuaca panas pada beberapa hari terakhir. Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ,suhu tertinggi mencapai 36,1 derajat celsius terjadi di wilayah Tangerang, Banten. 

Selain Tangerang, wilayah di Indonesia dengan suhu paling tinggi adalah Kalimarau, Kalimantan Utara. Data itu dihimpun BMKG selama periode 1-7 Mei 2022.

Saat cuaca panas, sebagian masyarakat mempunyai kecenderungan enggan beraktivitas di luar rumah, termasuk berlibur di ruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari langsung. 

Sebagai gantinya, kamu bisa mencari tempat wisata di dalam ruangan (indoor) maupun tempat wisata yang teduh, sehingga liburan kamu tidak terganggu dengan cuaca ekstrem. 

Berikut 10 rekomendasi tempat wisata Tangerang untuk hindari cuaca panas. 

Baca juga: Penyebab Cuaca Panas versi BMKG, Tangerang Suhu Paling Tinggi

1. The Breeze

The Breeze merupakan perpaduan antara pusat perbelanjaan, tempat wisata kuliner, beragam fasilitas gaya hidup (lifestyle), dan hiburan. Mengutip situs resminya, tempat ini mengusung konsep open air lifestyle & entertainment center (pusat hiburan dan gaya hidup di udara terbuka).

Pengunjung bisa menikmati sejumlah fasilitas di The Breeze, antara lain mal, supermarket, aneka kuliner nusantara dan mancanegara, arena basket, kolam ikan, dan taman bermain anak.

Bahkan, ada jalur sepeda dan lari yang disediakan pihak pengelola. Namun, jangan khawatir terhadap cuaca terik karena jalur sepeda dan lari itu dikelilingi pepohonan.

Lokasinya berada di kawasan BSD Green Office Park, Jalan BSD Grand Boulevard, BSD City, Kabupaten Tangerang. 

Baca juga: 10 Kafe dengan Area Outdoor di Tangerang, Ada yang Bernuansa Jepang

2. Broadway Alam Sutera 

Area depan Broadway Alam SuteraBroadway Alam Sutera Area depan Broadway Alam Sutera

Sesuai namanya, tempat wisata ini mengusung konsep jalanan Broadway yang populer di kawasan Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Kompas.com, Senin (2/5/2022), pengunjung dapat menemukan banyak spot foto Instagramable bak jalanan Broadway yang terkenal sebagai pusat industri teater. 

Broadway Alam Sutera dilengkapi dengan kafe-kafe kekinian sepanjang jalan. Pengunjung tak perlu takut cuaca terik karena bisa berteduh sembari menyantap hidangan di kafe.

Lokasinya berada di area barat The Flavor Bliss Alam Sutera, tepatnya di Jalan Alam Sutera Boulevard, Serpong Utara, Tangerang Selatan. 

3. Taman Potret

Taman PotretShutterstock Taman Potret

Bersantai di taman yang teduh bisa menjadi alternatif berwisata saat cuaca terik. Salah satunya adalah Taman Potret. 

Taman ini diberi naman Taman Potret karena memiliki beberapa spot foto yang menarik, seperti dikutip dari Tribun TravelJumat (17/5/2019)

Masyarakat yang datang ke taman ini umumnya bersantai sambil berfoto di spot tersebut. Ikon spot foto di taman ini adalah replika perahu dan tulisan Taman Potret dengan patung penari.

Jangan takut kepanasan, sebab taman ini dikelilingi pohon rimbun. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Babakan, Kecamatan Tangerang, bersebelahan dengan Tangerang City Mall. 

4. Taman Menteng Bintaro 

Taman lainnya yang bisa menjadi alternatif wisata di tengah cuaca terik adalah Taman Menteng. Lokasinya berada di Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan. 

Dilansir dari Tribun TravelJumat, Taman Menteng merupakan area terbuka hijau di Tangerang Selatan. 

Taman ini ditumbuhi pepohonan. Pengunjung pun bisa duduk-duduk santai di taman.

Selain itu, masyarakat bisa berolahraga di area taman. Taman Menteng juga ramah anak-anak, karena terdapat area bermain. 

Baca juga: 10 Kafe Instagramable di Tangerang Selatan, Bisa Sambil Main Golf

5. Taman Kota 2

Suasana Tempat Wahana Permainan Anak di Taman Kota 2 Tangerang Selatan pada Kamis (5/5/2022)KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Suasana Tempat Wahana Permainan Anak di Taman Kota 2 Tangerang Selatan pada Kamis (5/5/2022)

Taman Kota 2 merupakan wisata murah meriah yang berada di Serpong, Tangerang Selatan.   Mengutip Kompas.com (06/05/2022), Taman Kota 2 mempunyai banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Warga yang bermain di Taman Kota 2 bisa berjalan-jalan santai di tepi aliran sungai buatan.   Selain itu, ada deretan pohon pinus yang menyejukkan saat cuaca terik seperti sekarang ini. 

Selain pohon pinus yang sejuk, pengunjung juga dimanjakan dengan danau buatan yang indah.

Adapula aneka wahana untuk anak seperti trampolin, mobil-mobilan, sepeda motor anak, sepeda anak, delman dan ATV.

Jadi, Taman Kota 2 ini cocok untuk dikunjungi rombongan keluarga yang membawa serta anak-anak. 

Baca juga: 5 Kafe Unik di Tangerang untuk Dikunjungi saat Libur Lebaran

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.