Kompas.com - 11/05/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Cuaca panas melanda sejumlah wilayah di Indonesia akhir-akhir ini, tak terkecuali DKI Jakarta.

Di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat misalnya, suhu maksimum mencapai 34 derajat celcius. Informasi itu berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) periode 9-10 Mei 2022, yang diunggah melalui akun Instagram resminya, @infobmkg

Baca juga: Penyebab Cuaca Panas versi BMKG, Tangerang Suhu Paling Tinggi

Kondisi tersebut tentunya membuat sebagian orang enggan keluar rumah. Termasuk, berlibur di ruang terbuka yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Namun, jika tetap ingin berkativitas di luar rumah, kamu bisa mencari tempat wisata dalam ruangan (indoor) di Jakarta. Jadi, kamu tetap bisa berwisata tanpa terganggu dengan cuaca ekstrem. 

Berikut rekomendasi 10 tempat wisata indoor di Jakarta yang bebas cuaca panas.

1. Jakarta Aquarium & Safari

Penyelam berkostum putri duyung menari di dalam air yang dihias pohon natal di Jakarta Aquarium dan Safari, Mal Neo Soho, Grogol, Jakarta Barat, Kamis (24/12/2020). Selain memamerkan ribuan satwa air maupun darat, lokasi wisata tersebut juga menampilkan pertunjukan bawah air dengan hiasan pohon natal berbahan daur ulang limbah di laut untuk menyambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Penyelam berkostum putri duyung menari di dalam air yang dihias pohon natal di Jakarta Aquarium dan Safari, Mal Neo Soho, Grogol, Jakarta Barat, Kamis (24/12/2020). Selain memamerkan ribuan satwa air maupun darat, lokasi wisata tersebut juga menampilkan pertunjukan bawah air dengan hiasan pohon natal berbahan daur ulang limbah di laut untuk menyambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) merupakan wisata ramah anak dan keluarga. Lokasinya berada di dalam mal Neo SOHO, Jakarta Barat sehingga pengunjung tidak terkena terik matahari. 

Mengutip Kompas.com (08/04/2022), Jakarta Aquarium & Safari merupakan akuarium dalam ruangan terbesar di Indonesia. Obyek wisata ini merupakan hasil kolaborasi antara Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC Malaysia. 

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata ke Jakarta Aquarium & Safari dan Harga Tiketnya

Pengunjung bisa menemukan sekitar 3.500 spesies satwa akuatik maupun non akuatik di Jakarta Aquarium & Safari. 

Selain melihat aneka satwa di Jakarta Aquarium & Safari, wisatawan tentunya bisa berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Neo SOHO, Central Park, dan Mal Taman Anggrek yang lokasinya berdekatan. 

2. Museum MACAN

Seorang pengunjung tengah berfoto di salah satu instalasi karya seniman Yayoi Kusama di Museum Macan, Selasa (8/5/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Seorang pengunjung tengah berfoto di salah satu instalasi karya seniman Yayoi Kusama di Museum Macan, Selasa (8/5/2018).

Museum adalah pilihan wisata indoor yang tepat di tengah cuaca panas. Tak melulu wisata sejarah, museum di Jakarta juga menampilkan beragam karya seni. 

Salah satunya adalah, The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau lebih dikenal dengan nama Museum MACAN. 

Mengutip Kompas.com, (25/03/2022), pengunjung bisa melihat beragam karya seni di Museum MACAN. Salah satu yang paling terkenal adalah Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls. 

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Museum MACAN Jakarta, Datang Pagi Hari

Karya seni ini merupakan buah karya dari perupa ternama asal Jepang, Yayoi Kusama yang pertama kali ditampilkan di Museum MACAN pada 2017. Lokasi Museum MACAN berada di AKR Tower, Jalan Perjuangan Nomor 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

3. SeaWorld Ancol

Dua penyelam sebagai tokoh Pitung memperagakan jurus-jurus silat di akuarium Seaworld, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Jumat (22/6/2018). Pertunjukkan spesial yang bernama Ondel-ondel Underwater disiapkan Seaworld Ancol dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta yang memasuki usia ke-491.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Dua penyelam sebagai tokoh Pitung memperagakan jurus-jurus silat di akuarium Seaworld, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Jumat (22/6/2018). Pertunjukkan spesial yang bernama Ondel-ondel Underwater disiapkan Seaworld Ancol dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta yang memasuki usia ke-491.

Jika berwisata ke kawasan Ancol saat cuaca panas, kamu bisa mengunjungi SeaWorld Ancol, yang merupakan akuarium raksasa di dalam ruangan. 

Mengutip laman resminya, SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar dan 11.500 ekor biota perairan laut. 

Biota-biota tersebut ditampilkan dalam 28 display, serta terbagi atas 9 akuarium perairan tawar dan 19 akuarium serta 4 kolam terbuka.

Baca juga: Daftar Wahana Baru dan Acara di Ancol Saat Libur Lebaran 2022

Setiap tampilan akuarium memiliki tema khusus serta dilengkapi informasi tentang biota sehingga menambah pengetahuan pengunjung. 

SeaWorld Ancol juga menghibur pengunjung dengan sejumlah atraksi seru seperti penyelam yang memakai baju karakter putri duyung, ondel-ondel, dan lainnya. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan biota laut pada wahana kolam sentuh. 

Selain mengunjungi SeaWorld, pengunjung juga bisa mengeksplorasi tempat-tempat wisata lain di kawasan Ancol.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.