Kompas.com - 11/05/2022, 22:02 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah akhirnya membuka kembali Solo Car Free Day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi pada pekan ini, Minggu, 15 mei 2022.

Adapun Solo Car Free Day sebelumnya vakum selama dua tahun, tepatnya sejak Maret 2020.

Baca juga: Semboyan dan Slogan Kota Solo Beserta Makna dan Artinya

Sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya, Selasa (10/05/2022), pagelaran hari bebas kendaraan tersebut akan dimulai pukul 05.00 hingga 09.00 WIB.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menuturkan, pihaknya akan turut melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) kuliner yang biasanya berjualan di arena city walk (jalur lambat).

"Mereka akan dimasukkan ke kantong-kantong pasrkir di sepanjang jalan Slamet Riyadi sehingga tidak lagi memenuhi jalur lambat," kata Gibran, Selasa.

Sekretaris Daerah Solo, Ahyani juga menuturkan hal serupa.

"Nanti PKL akan diatur, tidak gaduh seperti dulu lagi, kami atur agar lebih tertib lagi jaga kebersihannya. Ada spot-nya, agar lebih terkoordinasi," ujar Ahyani saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (11/05/2022).

Potret Lalu Lintas di Jalan Slamet Riyadi Kawasan Purwosari Kota Solo, Jawa Tengah.KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Potret Lalu Lintas di Jalan Slamet Riyadi Kawasan Purwosari Kota Solo, Jawa Tengah.

Gibran menjelaskan, pengaturan dilakukan guna mengembalikan fungsi city walk untuk para pejalan kaki.

"Yang jualan makanan nanti diarahkan masuk ke parkiran Loji Gandrung, masuk ke parkiran Bank Jateng, misalnya. Tahu sendiri habis selesai sampahnya di mana-mana. Makanya mau kami tata (PKL kuliner CFD)," sambung Gibran.

Baca juga:

Ia berharap CFD ini dapat menarik semakin banyak pengunjung, bukan hanya sebagai event olahraga, namun juga untuk wisata kuliner.

"Kami pengennya CFD kedepan lebih ramai. Saya tahu kok CFD bukan hanya olehraga, tapi ada yang cari sarapan. Tapi tempat harus rapi dan setelah selesai sampah tidak berserakan," pungkas Gibran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.