Kompas.com - 12/05/2022, 13:03 WIB
Bhiku melakukan ritual pradaksina, memutari candi sebanyak tiga kali searah jarum jam saat perayaan Tri Suci Waisak 2565 BE di Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021). Perayaan Tri Hari Suci Waisak tersebut digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGBhiku melakukan ritual pradaksina, memutari candi sebanyak tiga kali searah jarum jam saat perayaan Tri Suci Waisak 2565 BE di Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (26/5/2021). Perayaan Tri Hari Suci Waisak tersebut digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

KOMPAS.com – Umat Buddha akan memperingati Hari Raya Waisak pada Senin, 16 Mei 2022.

Pada tahun ini, perayaan Waisak akan dipusatkan di Candi Borobudur dengan menggelar rangkaian acara, termasuk pelepasan lampion.

Baca juga: Hari Raya Waisak, Apa Itu Waisak dan Bagaimana Umat Buddha Merayakannya?

Seperti pada perayaan hari besar agama lainnya, orang-orang akan berbagi ucapan selamat Waisak bagi mereka yang merayakannya.

Namun, kapan waktu terbaik menyampaikan ucapan selamat Waisak? Mungkin, masih banyak dari kita yang belum mengetahuinya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Permabudhi (Persatuan Umat Buddha Indonesia), Prof. Dr. Philip K. Widjaja mengatakan, ucapan selamat Waisak sebetulnya bisa disampaikan kapan saja.

Kendati demikian, menurut Philip, ucapan selamat Waisak idealnya disampaikan pada saat hari perayaan atau 16 Mei 2022 untuk tahun ini.

“Waktu terbaik mengucapkan Hari Raya Waisak itu pada saat hari perayaan, yang kalau pada tahun ini jatuh di 16 Mei,” ungkap Philip kepada Kompas.com, Selasa (10/05/2022). 

Namun, jika terlupa atau tak sempat memberi ucapan selamat Waisak pada hari perayaan, kita tetap bisa menyampaikannya pada waktu lainnya.

“Tak ada aturannya dalam mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak, bisa sebelum, saat, atau pun sesudah Waisak,” lanjutnya.

Baca juga: Apa Itu Hari Raya Waisak dan Kenapa Tanggal Perayaannya Berubah-ubah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.