Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran 2022, 130.000 Wisatawan Kunjungi Tempat Wisata di Aceh

Kompas.com - 12/05/2022, 22:12 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 130.000 wisatawan mengunjungi tempat wisata di Aceh saat libur Lebaran 2022, berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh.

"Dari laporan sejumlah destinasi wisata, kami prediksi jumlah pengunjung selama tujuh hari dapat mencapai lebih dari 130.000," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, dikutip dari Antara, Kamis (12/5/2022).

Jumlah tersebut mengacu terhadap manifes wisatawan yang masuk ke beberapa tempat wisata favorit, di antaranya Sabang, Langsa, Pulau Banyak, Pantai Lampuuk, Museum Tsunami, dan Masjid Raya Baiturrahman.

Baca juga:

Selanjutnya ada pula Danau Lut Tawar, Pulau Rubiah, Gunung Salak, Taman Rusa Aceh Besar, Hutan Mangrove Langsa, Pasir Putih Aceh Timur, Pantai Lhok Bubon, Pulau Dua, dan Sigantang Sira. 

Adapun wisatawan memadati tempat wisata tersebut pada periode libur Lebaran, tepatnya 3-8 Mei 2022. 

Pergerakan orang saat mudik dan libur Lebaran 2022, lanjut Jamaluddin, berdampak cukup besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lantaran jumlah wisatawan yang mengunjungi tempat wisata dan sentra ekonomi di berbagai daerah cukup tinggi. 

Destinasi wisata Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.SHUTTERSTOCK / hendra gani Destinasi wisata Pulau Banyak di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

Tingginya jumlah wisatawan tidak lepas dari sejumlah pelonggaran yang diberlakukan pemerintah, khususnya terkait mudik. 

Kendati demikian, protokol kesehatan tetap diterapkan, mulai dari pengelola tempat wisata sampai wisatawan. 

"Tentunya dengan tingginya (jumlah) wisatawan ini berdampak langsung ke pelaku usaha atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di lokasi destinasi wisata, dan ini beriringan untuk mempercepat pemulihan ekonomi warga," tuturnya. 

Baca juga:

Ia meyakini, jumlah wisatawan ke Aceh akan terus mengalami peningkatan berkat adanya beragam kegiatan yang akan digelar tahun ini.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari 101 Khazanah Piasan Nanggroe 2022 yang diluncurkan pada Maret lalu. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com