Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Terima Foto Kecelakaan Misterius, Pesawat Batal Lepas Landas

Kompas.com - 13/05/2022, 09:26 WIB
Desi Intan Sari,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebuah penerbangan dari maskapai Turkish Airlines dibatalkan setelah sejumlah penumpang dilaporkan menerima foto-foto kecelakaan pesawat lewat ponsel mereka, sesaat sebelum lepas landas. 

Dikutip Kompas.com dari The Sun, foto-foto itu diduga dikirim melalui AirDrop pada ponsel iPhone. Artinya, hanya pengguna ponsel iPhone yang bisa mendapatkannya.

Hal ini memicu kepanikan di dalam pesawat. Semua penumpang dan barang bawaan mereka kemudian diturunkan dari pesawat untuk pemeriksaan keamanan ekstra di bandara Ben Gurion, Israel.

Baca juga: 13 Hewan Tak Biasa yang Pernah Dibawa Penumpang ke Kabin Pesawat, Tarantula sampai Merak

Ada sekitar 160 penumpang di dalam Boeing 737 yang dioperasikan oleh AnadoluJet, anak perusahaan Turkish Airlines.

Seorang penumpang mengatakan kepada media Israel, Kan bahwa sejumlah penumpang yang menerima permintaan konfirmasi foto di AirDrop. Namun, tak semua menerimanya, sebagian di antara mereka menolak permintaan tersebut.

Tidak disebutkan berapa banyak penumpang yang menerima foto tersebut, namun kapten pilot mendapatkan pujian atas keputusannya untuk membatalkan pesawat lepas landas.

Dilansir dari Bloomberg, Otoritas Bandara Israel mengungkapkan pada Selasa (11/05/2022) bahwa sejumlah penumpang yang diduga mengirim foto-foto tersebut kemudian dikeluarkan oleh tim keamanan.

Baca juga:

Penumpang tersebut dibawa untuk diinterogasi, kemudian pesawat disetujui untuk diberangkatkan kembali.

Adapun foto-foto yang dikirimkan adalah sebuah kecelakaan pesawat Turki pada 2009 di Belanda dan kecelakaan pada 2013 di San Franciso.

Menurut juru bicara kepolisian, file yang dikirimkan juga disertai rekaman dari dalam pesawat.

Akibat peristiwa ini, polisi menahan sembilan orang yang dicurigai mengirimkan foto-foto itu kepada penumpang. Orang-orang yang diberitakan berasal dari desa Galilea Barat di utara Israel itu diperiksa atas dugaan penyebarluasan informasi palsu yang menimbulkan ketakutan dan kepanikan masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com