Kompas.com - 14/05/2022, 14:05 WIB

KOMPAS.com - Selain menjadi tempat ibadah, sejumlah masjid dengan arsitektur khas kerap dijadikan sebagai lokasi wisata religi, seperti Masjid Terapung Samudra Ilahi yang berada di tepi Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Bahkan beberapa waktu lalu, tersebar sebuah video viral yang memperlihatkan seorang warga tengah bertanya kepada petugas karcis, apakah salat di Masjid Terapung harus membayar.

Masjid Terapung atau Masjid Samudera Ilahi menjadi salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi. Bangunannya yang dibuat seolah mengapung menjadi daya pikat tersendiri di daerah Pesisir Selatan.

Melansir Tribunnews, Jumat (23/4/2021), masjid yang baru diresmikan 8 Februari 2021 silam, dibangun di atas lahan seluas 1.795 meter persegi dan menelan biaya sebesar Rp 27,5 miliar.

Selain menjadi sarana ibadah bagi masyarakat dan pengunjung Pantai Carocok Painan, pembangunan Masjid Samudera Ilahi sekaligus ditujukan sebagai pusat informasi kebudayaan dan perkembangan agama Islam di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kabarnya, masjid yang memiliki dua menara setinggi 32 meter tersebut bisa menampung hingga 300 jemaah.

Baca juga: Desa Wisata Sungai Batang Sumatera Barat, Tempat Kelahiran Buya Hamka

Rute menuju Masjid Samudera Ilahi dari Bandara Internasional Minangkabau

Masjid Samudera Ilahi terletak di kawasan wisata Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan. Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Minggu (24/4/2022), ada beberapa opsi transportasi yang bisa dipilih jika berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang.

Berjarak sekitar 100 kilometer (km), perjalanan bisa ditempuh selama kurang lebih dua jam menggunakan taksi argo bandara, atau taksi plat hitam.

Alternatif kedua adalah dengan menyewa kendaraan pribadi berupa minibus, selama satu hari penuh untuk berkeliling tempat wisata, dari bandara. Namun, wisatawan harus menyiapkan juga uang tambahan untuk jasa supir dan biaya bensin kendaraan.

Terakhir, bisa juga menggunakan bus DAMRI antar kota, menuju Pasar Raya Padang. Dari lokasi tersebut, perjalanan dilanjutkan dengan bus travel, menuju area Pantai Carocok Painan, bersama wisatawan lain yang ingin menuju ke tempat itu.

Untuk rute ini, wisatawan harus keluar dulu dari Jalan Akses Bandara sejauh empat kilometer hingga melewati flyover.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Camilan Gurih dan Pedas Khas Padang

Memasukki Jalan Bagindo Azis Chan, ikuti jalan sekitar 22 km hingga tiba di Jalan Lintas Barat Sumatera.

Dari Jalan Lintas Barat Sumatera, berkendara sejauh dua km sampai bertemu tikungan JNE Kampung Jua Padang.

Kemudian belok ke tikungan JNE, ikuti terus jalur sejauh kira-kira empat kilometer sampai menemukan plang IPC Pelabuhan Teluk Bayur.

Lalu belok kiri memasukki Jalan Palembang, dan terus berkendara sejauh 22 km sampai melewati Tugu Perbatasan Padang-Painan.

Belok kanan ke arah Jalan Lintas Barat Sumatera, dan melaju sejauh 49 km, maka kamu akan bertemu bundaran Selamat Datang Painan.

Ikuti alur bundaran, dan ambil jalan keluar ketiga, maka sekitar dua km, kamu akan sampai di kawasan wisata Pantai Carocok.

Baca juga: Liburan ke Padang, Ini 10 Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.